TEKNO – Ketika ban mobil rusak, tidak sedikit bengkel yang menyarankan untuk mengganti ban. Akan tetapi, bila tidak memungkinkan pada saat itu, Anda bisa memperbaikinya dengan cara ditambal untuk sementara.

Berikut adalah 4 trik jitu dalam atasi ban mobil yang rusak:

1. Cek Ban Rusak

pertama-tama dongkraklah hingga ban mobil terangkat kira-kira setengah senti meter. lalu, ganjallah persilangannya supaya ban mobil bisa berputar, jangan lupa lepaskan rem tangan yang menahan roda. Setelah itu, putarlah roda ban dan periksalah di ketinggian setengah sentimeter, jika ada bagian yang tersangkut tanah berarti ban kamu sedang benjol atau tidak rata.

Baca Juga Customer Gathering Online ke-66, Kalla Toyota Ulas Pemberlakuan Pajak Emisi C02

2. Penambalan Sementara

Pakailah beberapa alat seperti obeng kecil dan kompresor kemudian cari dibagian mana yang kondisinya rusak lalu tusuk dengan obeng kecil, Caranya jangan tegak lurus akan tetapi dari samping, perlahan dan hati-hati, pastikan tusukanmu tidak mengenai ban dalam. Biasanya setelah itu akan ada suara udara keluar. Kosongkan udara pada ban lalu isi lagi dengan kompresor.

Jangan keterusan memakai cara ini karena bisa-bisa ban akan robek, dan bisa berdampak pada keselamatan dalam berkendara. jalankan mobil secara pelan karena ban mobil yang bannya rusak jika dijalankan dengan kecepatan tinggi berpotensi membahayakan pengendara.

untuk diketahui, penambalan merupakan langkah alternatif untuk efek sementara waktu serta pada kondisi darurat saja dan Setelah itu kamu harus segera ganti ban baru karena cara memperbaiki ban mobil rusak dengan obeng kecil dan kompresor sifatnya hanya sementara.

3. Pilih Ban Sesuai Spesifikasi Mobil

Ketika membeli ban, pilihlah yang sesuai dengan spesifikasi mobil anda. Biasanya ada tertera di plakat pintu atau laci mobil beberapa kode, ST untuk special trailer, seperti LT untuk light truck,R untuk radial, T untuk ban serep, dan P untuk mobil penumpang.