MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh.Ramdhan Pomanto menyampaikan jawabannya atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kota Makassar terhadap Ranperda tentang APBD (Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Tahun Anggaran 2021 dalam Rapat Paripurna, Rabu (29/9/2021).

Baca Juga : Bupati Jeneponto Hadiri Rapat Paripurna DPRD Penandatanganan KUA-PPAS APBD Perubahan 2021

Bergantian dengan Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi, Ramdhan Pomanto menyampaikan terima kasih atas dukungan dan apresiasi seluruh pihak terutama anggota DPRD sebagai representasi rakyat.

“Dengan program Makassar Recover, Makassar berhasil menekan penyebaran covid—19 yang semula berstatus PPKM Level 4, kini menjadi PPKM Level 2. Ini semua berkat dukungan dari semua pihak terutama pihak legislatif sebagai representasi rakyat,” ucapnya.

Beberapa penjelasan mengenai program penanganan banjir, bantuan modal UMKM, bantuan sosial, dan penanganan air bersih turut dibacakan.

Selain itu, ia mengungkapkan, hal ini merupakan proses pengawasan pada DPRD sesuai dengan fungsi dan tugasnya secara maksimal. Menurutnya hal paling krusial sekarang adalah penurunan PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang tak terhindarkan.

“sangat krusial adalah penurunan PAD yang tak terhindarkan. Namun kami telah melakukan evaluasi terhadap potensi pendapatan yang ada di kota makassar sehingga upaya memaksimalkan APBD dan meminimalkan Silpa telah kami lakukan,” jelasnya.

Tak seperti rapat-rapat sebelumnya digelar terbatas secara virtual, kini rapat paripurna dihadiri undangan dengan tetap memenuhi protokol kesehatan yang ketat.