JAKARTA – Novel Baswedan dan 56 pegawai KPK yang tidak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) hari ini resmi meninggalkan gedung KPK. Kepergian mereka diselimuti suasana haru, pegawai yang masih bertahan di KPK terseduh-seduh melepas kepergian rekan kerjanya.

Baca Juga : Dugaan korupsi di PT Krakatau Steel, Plt Jubir KPK: Aduan Sudah Diterima

Dilansir dari detikcom, saat berjalan keluar Gedung KPK Merah Putih, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (30/9/2021). Para pegawai KPK menangis saat mengantar Novel dan kawan-kawan.

Dari Gedung KPK Novel dan kawan-kawan berjalan menuju Gedung Dewas KPK. Saat berjalan para pegawai yang tidak lulus TWK lalu disambut oleh eks pimpinan KPK yaituh Busyro Muqoddas, Abraham Samad, Saut Situmorang, dan Bambang Widjojanto.

Sebelumnya Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata mengumumkan pemberhentian dengan hormat terhadap para pegawai KPK yang tak lolos TWK pada Rabu (15/9). Dia menekankan bahwa para pegawai tersebut resmi diberhentikan peda 30 sepetember 2021.

“Terhadap enam orang pegawai KPK yang dinyatakan tidak memenuhi syarat dan diberi kesempatan mengikuti pendidikan dan pelatihan bela negara dan wawasan kebangsaan namun tidak mengikutinya, maka tidak bisa diangkat sebagai ASN dan akan diberhentikan dengan hormat per 30 September 2021. Memberhentikan dengan hormat kepada 50 orang pegawai KPK yang dinyatakan tidak memenuhi syarat per tanggal 30 September 2021,” ujar Alexander Marwata di KPK.