GOWA – Bhabinkamtibmas Kelurahan Samata, Kabupaten Gowa, membina mantan narapidana teroris Poso, Abdul Gofur alias Aiman, yang sudah menjalani program Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), Jum’at (1/10/2021).

Baca Juga: Wakil Wali Kota Makassar Pantau Jumat Bersih Kelurahan Antang

Bhabinkamtibmas, Brigadir Basir, menegaskan jika dirinya berusaha untuk menjembatani masyarakat dengan Narapidana Teroris yang telah keluar dari Lapas tersebut agar dapat diterima kembali di masyarakat.

“Masih adanya kecurigaan masyarakat terkadang menghantui apakah masih ada paham radikalnya atau tidak. Di situ saya berperan untuk menjelaskan bahwa Eks Napiter ini sudah tidak berbahaya lagi,” katanya.

Bhabinkamtibmas juga menjelaskan jika saat ini dirinya bersama Eks Napiter dan para warga setempat, berupaya untuk membangun Rumah Al-Qur’an yang rencananya akan digurui langsung oleh Narapidana teroris tersebut.

Lanjut Basir, mengungkapkan bahwa sebelumnya lokasi yang menjadi tempat belajar membaca dan menghafal Al-Qur’an tersebut merupakan tempat yang kurang baik seperti sabung ayam dan minum-munuman keras.

“Jadi dulu di sini tempat yang kurang baik, dan Alhamdulillah berdirinya rumah Qur’an menjadi tempat belajar membaca dan menghafal Al-Qur’an masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Basir menambahkan bahwa nantinya akan ada sekitar 30 orang anak yang akan dididik di tempat belajar membaca tersebut, diikuti dengan beberapa Ibu-ibu yang juga berinisiatif mengikuti pembelajaran tersebut.

“Ada sekitar 30 orang anak dididik di sini, dan khusus Ibu-ibu belajar di hari sebelumnya,” imbuhnya.

Terakhir, Basir berharap bahwa kedepannya akan ada donatur yang mau menghibahkan atau mewakilkan lahan untuk dijadikan Rumah Qur’an. Sebab yang menjadi lokasi sekarang adalah hasil pinjaman lahan dari salah satu warga sekitar.