JAKARTA – Staff Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fajdroel Rachman mengatakan, IKN (Ibu Kota Negara) baru Kalimantan Timur merupakan jalan untuk mewujudkan Indonesiasentris dan Indonesia Maju.

Baca Juga : Pratikno Sampaikan, IKN Baru Katalis Kemajuan RI

“Ibu Kota Negara baru (IKN) merupakan jalan untuk mewujudkan Indonesiasentris dan Indonesia Maju, kami yakin itu,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (01/10/2021).

Ini juga menjadi simbol transformasi progresif menuju Indonesia Maju.

“IKN yang berada di tengah wilayah geografis Nusantara, merupakan simbol transformasi progresif menuju Indonesia Maju,” lanjutnya.

Transformasi progresif antara lain transformasi dari kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru yang berprinsip pada Indonesiasentris atau pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia, perlindungan lingkungan menghadapi perubahan iklim, dan kualitas tata kelola pemerintahan.

Ia menyampaikan, perpindahan IKN sebagai tonggak transformasi progresif itu telah disampaikan Presiden Joko Widodo, perpindahan ibu kota jangan dilihat sekedar perpindahan kantor pemerintahan atau pindah lokasi, tetapi harus ada transformasi, pindah cara kerja, budaya kerja, sistem kerja, dan juga ada perpindahan basis ekonomi.

“Menumbuhkan habitus Indonesia Maju merupakan prinsip utama perpindahan IKN dalam pandangan Presiden Joko Widodo,” kata Fajdroel.

Pemindahan IKN ke Pulau Kalimantan merupakan bagian dari keberpihakan Presiden Jokowi dan jajaran pemerintahannya untuk mengonsolidasikan tatanan demokrasi serta pemerataan kesejahteraan yang didambakan rakyat Indonesia.

“Halangan perubahan bisa muncul dari para pendukung kebiasaan lama, namun Bangsa Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi dengan tulus ikhlas mengajak seluruh rakyat Indonesia bergotong royong mengatasi masalah dan bergerak maju bersama-sama,” tutupnya.