RAKYAT NEWS, BANTAENG – Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sulsel, Muhammad Yunus menyebut Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin adalah sosok yang paling peduli terhadap petani. Dia menyebut, sebagian besar sumber daya yang ada di pemerintahan dikerahkan untuk peningkatan kesejahteraan petani di Bantaeng.

Hal itu diungkapkan Muh Yunus usai melantik sejumlah pengurus KTNA Bantaeng, di area demplot pertanian KTNA di Desa Ulugalung, Kecamatan Eremerasa, Senin, 2 Agustus 2021. Menurutnya, Bantaeng adalah salah satu daerah dengan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian yang unggul di Sulsel.

“Bantaeng ini ada banyak SDM pertanian yang unggul. Mereka mengantarkan Bantaeng ke level Nasional. Tahun lalu, ada wanita tani yang menjadi wanita tani terbaik di Indonesia karena kemampuannya bongkar pasang alat pertanian. Dia itu dari Bantaeng,” jelas dia.

Dia menambahkan, Ilham Azikin juga adalah sosok yang mencintai petani di Bantaeng. Menurutnya, perlakuan pemerintah Kabupaten Bantaeng terhadap petani itu lebih baik dibanding dengan daerah lain di Sulsel.

“Di Bantaeng ini setiap saat ada bantuan alat mesin pertanian. Ada banyak bantuan bibit. Apalagi petaninya dilindungi dengan asuransi pertanian secara full,” jelas dia.

Dia mengajak semua petani yang tergabung dalam KTNA Bantaeng untuk ikut melakukan sosialisasi program-program pemerintah di sektor pertanian. Dia juga berharap KTNA Bantaeng bisa bermitra dengan dinas yang terkait dengan sektor pertanian dan nelayan.

“Marilah kita sosialisasikan semua hal baik ini. Insyaallah Bantaeng akan lebih maju lagi,” jelas dia.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengatakan, pemerintah akan terus berupaya mendorong terciptanya kesejahteraan untuk petani di Bantaeng. Dia menyebut, saat ini, penpadatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Bantaeng sebagian besar ditopang oleh petani sebesar 38 persen.