PAPUA – Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, dan Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika, menghadiri undangan perjamuan makan malam PON XX Papua di Gedung Negara Provinsi Papua, Jumat (1/10/2021).

Baca Juga: PON XX Papua, Plt Gubernur dan Rombongan Disambut Yel-Yel Ewako

Andi Sudirman hadir dengan mengenakan pakaian batik berwarna merah bata dengan corak kapal phinisi dan huruf lontara. Jamuan ini juga bertujuan sebagai bentuk penyambutan tuan rumah Papua kepada seluruh atlet yang bertanding.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman, mengatakan bahwa dirinya sangat berterima kasih atas sambutan tuan rumah yang telah menerima para atlit dari Sulawesi Selatan.

“Kita sangat berterima kasih karena tuan rumah menyambut atlet kita dengan sangat baik,” kata Andi Sudirman.

Acara ini juga sekaligus dirangkaikan penyerahan api PON dari Duta PON Papua, yakni Boaz Salosa, Raema Lisa Rumbewas, Rafi Ahmad, kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Andi Sudirman bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan sejumlah kepala daerah di Papua mendapatkan kehormatan untuk mendampingi Lukas yang juga Ketua Umum PON XX Papua, menyulut api PON sebagai tanda dimulainya PON di Bumi Cendrawasih ini.

Kirab api PON XX 2021 dilepas dari Kabupaten Sorong, Papua Barat, melewati wilayah adat di Papua, hingga tujuan akhirnya ke Jayapura.

Lukas Enembe menyampaikan, tuan rumah mempersiapkan dengan baik segala pelaksanaan termasuk infrastruktur pendukung.

“Papua siap, Papua bagian dari Indonesia. Selamat datang seluruh kontingen dan selamat menikmati keindahan alam Papua,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, mengungkapkan bahwa jadwal pelaksanaan PON yang sempat diundur tersebut menuai pro dan kontra. Dengan kerja keras dari Papua bertekad untuk menyukseskan acara ini, sehingga dapat dilaksanakan.