JAYAPURA – Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu (2/10/10). Sejumlah rangkaian acara menarik turut meriahkan pembukaan pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Baca Juga: Respon Positif, Ketua MPR Tegaskan Pancasila sebagai Mapel Wajib

Dalam sambutannya, Jokowi mengaku bangga dapat membuka gelaran PON pertama di Tanah Papua. Kegiatan PON XX ini memiliki makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Jokowi mengatakan bahwa PON menjadi panggung persatuan, kebersamaan, persaudaraan, kesetaraan dan keadilan untuk maju dan sejahtera bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Perasaan saya dan saudara pasti sama. Kita bangga berada di Tanah Papua. Kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik,” kata Jokowi kala memberikan sambutan dalam upacara pembukaan PON XX Papua, Sabtu (02/09/2021).

Lanjut Jokowi, mengungkapkan jika pelaksanaan PON kali ini juga menggambarkan kemajuan Papua, baik dari infrastruktur maupun kemajuan masyarakat Papua agar terus berprestasi di kancah nasional dan internasional.

“Stadion yang sangat megah ini bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua, konektivitas dan pengembangan SDM merupakan capaian kemajuan Papua yang juga saya banggakan,” ungkap Jokowi.

Suksesnya upacara pembukaan PON XX Papua tak lepas dari kontribusi dan kesigapan PT PLN (Persero) dalam menyediakan listrik yang andal.

Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, memberikan apresiasi kepada seluruh pihak terkait atas kelancaran acara tersebut.

“Alhamdulillah, pasokan listrik untuk upacara pembukaan PON terbukti Andal. Kesuksesan gelaran PON XX Papua ini menjadi bukti kesetaraan dalam kemajuan seperti yang disampaikan oleh Presiden. Keandalan listrik PLN tak hanya ada di Pulau Jawa atau Sumatera, tapi juga di Papua,” ujarnya.