LUWU UTARA – Ratusan peserta tes SKD CPNS Luwu Utara tak kuasa menahan air mata ketika Kepala Kantor Regional (Kanreg) IV BKN Makassar, Ir. Agus Sutiadi, M.Si, memimpin doa sebelum peserta mengerjakan soal pada pelaksanaan tes CPNS hari kedelapan sesi ke-29, Minggu (3/10/2021), di Aula La Galigo Kantor Bupati. Didampingi Kepala BKPSDM Luwu Utara Nursalim, Agus memimpin doa sebelum peserta memulai mengerjakan soal.

“Hari ini kita akan menjemput impian, menjemput nasib, karena tanpa tes, tidak ada yang bisa menjadi PNS,” kata Agus memulai doa. Terlihat para peserta menundukkan kepala. Laptop yang ada di depan masing-masing peserta menjadi saksi betapa khusyuk para peserta berdoa.

“Tidak semua yang akan lulus menjadi PNS, tapi ada di antara kita yang akan menjadi PNS,” ucap Agus melanjutkan doa dengan suara pelan.

Baca Juga: Kepala Kanreg IV BKN Makassar Apresiasi Pelaksanaan Tes CPNS di Luwu Utara

Ia pun mengajak peserta tetap tenang, melupakan semua problematika hidup, dan tetap fokus pada ujian. “Kita sama-sama pejamkan mata sejenak, lalu kita bayangkan orang-orang yang paling berjasa dalam hidup kita,” begitu Agus mengajak peserta untuk tetap menunduk sambil memejamkan mata.

“Yang paling berjasa dalam hidup kita adalah ibu. Coba bayangkan wajah ibu yang melahirkan kita. Dialah yanhg menjaga kita selagi bayi,” kata dia

Mendengar Agus menyebut nama ibu, beberapa peserta mulai terisak menahan air yang tergenang di kedua kelopak mata. Tak sedikit pun di antaranya, akhirnya menyeka air mata yang telanjur tumpah.

“Ketika kita disuruh, kita melawan padanya, kadang kita membentak mereka tapi dia tetap sayang pada kita,” lanjut Agus. “Saat kita pulang sampai larut malam, beliau menungggu kita. Dialah yang merawat kita, mengantar kita ke Puskesmas saat kita sakit. Dialah yang menyuapi kita, tapi berapa banyak kita menyakiti hatinya,” sambungnya.