JAKARTA – Partai Gerakan Indonesia Raya ( Gerindra) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP) Menperlihatkan sikap saling hormat. Pihak Gerindra menilai hal itu sering ditunjukkan Mentri Pertahanan Prabowo untuk memberi penghormatan di militer.

Baca juga:Bareskrim Polri Tetapkan Irjen Napoleon Tersangka Penganiayaan M Kece

Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman mengatakan Prabowo, memang sejak remaja sudah sangat paham sopan santun dan etika, dan merupakan bagian dari kebiasaan Militer.

“Sikap memberi hormat itu bagian dari tradisi baik di militer. Selain itu beliau berdua memang benar-benar saling menghormati dalam menjalankan tugas di pemerintahan,” ujarnya.

Ia menyatakan, unggahan itu bertepatan dengan momen PON di Papua.

“Mungkin Pak Prabowo merasa perlu mengunggah foto tersebut karena momen dan tempatnya istimewa, yakni saat pembukaan PON di Papua,” ucapnya.

Sementara Politikus PDIP Andreas Hugo, menyampaikan hormat adalah salah satu bentuk penghargaan Prabowo dengan atasannya, yang kemudian dibalas.

“Hal yang biasa sebagai purnawarman TNI sikap Prabowo yang menghormati atasannya adalah pakem yang sudah mendarah daging, jalan perilakunya. Dengan sikap itu dibalas oleh Jokowi,” ujarnya.

Ia melanjutkan hal tersebut bukan kali pertama terjadi. Akan tetapi keduanya memang memang sering menunjukkan sikap saling menghormati.

“Dan ini bukan yang pertama kali, seingat saya 2014 setelah Pilpres ketika Jokowi berunjung ke rumah Prabowo baik di daerah Jakarta Selatan maupun ketika Jokowi berkunjung ke Hambalang dan mereka bersama naik kuda. Sikap saling menghargai saling menghormati ini sering dilakukan. Dan menurut saya ini contoh sikap yang baik yang ditunjukan oleh pemimpin kepada masyarakat,” ujarnya.

Momen tersebut diunggah oleh akun Instagram @prabowo, Minggu (3/10/2021). Prabowo tampak mengenakan kemeja berwarna cokelat dan Jokowi memakai kemeja berwarna putih.