MAKASSAR – Palang merah indonesia (PMI) Kota Makassar mengadakan orientasi perekrutan anggota siaga bencana berbasis masyarakat (Sibat) angkatan pertama, yang berlangsung di Hotel Arthama, Senin (4/10/2021).

Baca Juga: Telah Terverifikasi BPOM, PMI Makassar Ditunjuk Jadi Tempat Uji Kompetensi Mandiri LSP

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, dan diikuti puluhan masyarakat yang terbagi dalam tiga kecamatan yaitu Kecamatan Biringkanaya, Tamalanrea dan Ujung Tanah.

Adapun pemateri dalam kegiatan orientasi perekrutan sibat Sekertaris PMI Makassar Abdul Gafur, Wakil Ketua UTD Andi Umar Patta, Wakil Ketua Bidang Relawan Irwan Ade Saputra dan Wakil Ketua Penanggulangan Bencana Andi Fauzi Wawo.

Ketua PMI Makassar DR Syamsu Rizal Mi, mengatakan melalui orientasi perekrutan sibat ini kita semua bisa belajar untuk meningkatkan minat dan bakat kepedulian yang ada dalam diri kita itu agar bisa memberikan sesuatu yang lebih bermanfaat dan berguna untuk sesama.

“Sehingga apa yang menjadi potensi dalam diri kita itu tidak hanya sekedar untuk kita nikmati sendiri. Karena biar jagoki kalau untuk dirita ji sendiri hampir tidak ada gunanya dan kemanfaatanya juga kurang dalam konteks agama tidak ada berkahnya,” kata Deng Ical sapaan akrab Ketua PMI Makassar.

Menurutnya, keterampilan dan pemahaman yang kita miliki itu bisa kita share ke orang orang terdekat kita, dan itu pun kalau kita menjadikan keterampilan kita itu sebagai gerakan kelembagaan.

“Kita kumpul sama teman teman dekat kita dan memberikan edukasi agar mereka sadar bencana dan tau apa yang mesti mereka lakukan dan hubungi saat terjadi bencana,” ucapnya.

“Sehingga kedepannya saya berharap semakin banyak orang peduli dan berani mengambil peran dalam setiap kegiatan kegiatan sosial kemanusiaan, dan itu tentunya melalui organisasi PMI dan sibat,” harapnya.