RAKYAT NEWS, BANTAENG – Bupati Bantaeng, Ilham Azikin bersama Ketua KADIN H Sahabuddin dan Sekretaris HIPMI Bantaeng Ardiansyah Fatahuddin menjadi pembicara dalam diskusi yang digelar DPD JOIN Bantaeng, Selasa, 3 Agustus 2021.

Dalam diskusi yang mengusung tema strategi membangkitkan ekonomi daerah ini, Ilham Azikin menyampaikan apresiasinya kepada Pusdiklat JOIN dan DPD JOIN Bantaeng.

Kata Ilham, kegiatan ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri karena bisa menjadi spirit di tengah pandemi covid saat ini.

Diskusi tentang menggairahkan ekonomi masyarakat ini menjadi momentum mengembalikan semangat untuk terus berinovasi di sektor perekonomian.

Selain Bupati Ilham Azikin, Wakil Bupati Sahabuddin yang juga sebagai Ketua KADIN, memaparkan bahwa program unggulan IlhamSAH sejauh ini mendorong tumbuh kembang ekonomi kerakyatan.

Seperti pada program Bantuan Modal Usaha berbasis dusun RT/RW, serta seragam sekolah gratis. Dua di antara program unggulan Bupati dan Wabup Bantaeng ini mendukung keberlangsungan UMKM.

Sementara itu, Sekretaris HIPMI Bantaeng Ardiansyah Fatahuddin menuturkan bahwa HIPMI akan terus mendorong peningkatan kualitas para pelaku UMKM.

Menurutnya, hal yang harus dilakukan di tengah disrupsi teknologi saat ini, yaitu memberikan bimbingan kepada pelaku UMKM untuk bisa memanfaatkan teknologi informasi.

“Kita tentunya berkomitmen bahwa HIPMI merupakan mitra Pemerintah. Kondisi hari ini dimana babgsa sedang dilanda musibah pandemi, HIPMI kemudian berperan memberikan pendekatan kepada pelaku UMKM untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan situasi sekarang,” kata Ardi.

“Sampai hari ini kami berbicara dengan UMKM, terkendala di pemasaran. Karena berbicara tentang modal, pemerintah hari ini dalam visi misinya memberikan bantuan modal usaha. Sementara bagaimana kemudian pemasaran, kami turun juga berdiskusi dengan stakeholder terkait sehingga teman-teman yang ada di UMKM kemudian diberi peluang untuk mengikuti pelatihan di BLK terkait pemasaran secara daring, sehingga mereka bisa memberlakukan digitalisasi dalam proses usahanya,” sambung Ardi menjelaskan.