BULUKUMBA – Mantan Camat Herlang, Andi Agung Karaeng Mappiwali, resmi menjadi Ketua Lembaga Adat Langnge-Langnge yang diikuti dengan pelantikan pengurus lainnya, Kamis (26/5/2022).

 

Setelah dirinya lantik oleh Karaeng Lembang Parang Sombayya ri Gowa, Raja Gowa ke 38, Andi Kumala Andi Idjo, di Balla Lompoa, Kelurahan Tanuntung, Kecamatan Herlang, Bulukumba, Kamis, 26 Mei 2022.

 

Beberapa tarian dari adat khas Bugis Makassar dipersembahkan dalam kegiatan pengukuhan, seperti Gaderang Bulo dan Angngaru, serta tarian Pa’duppa menjadi penyambutan Raja Gowa saat menginjakkan kaki di wilayah kerajaan Lange-lange di masa lalu.

 

Ketua Panitia Kegiatan Pengukuhan, Andi Rukmawati mengatakan, jika Andi Agung Karaeng Mappiwali merupakan kakak dari Permaisuri Kerajaan Gowa, Andi Hikmawati Kumala Idjo.

 

Dia adalah anak dari Karaeng Mappiwali Petta Lolo Karaeng Langnge-Langnge yang merupakan Kepala Distrik Langnge-Langnge, sekaligus Camat Herlang pertama setelah masa distrik berakhir.

 

Andi Kumala Andi Idjo dalam sambutannya menyampaikan, empat tahun lalu dirinya mendapat penghargaan dari Presiden sebagai penggiat budaya Nusantara, sehingga ia juga berharap dari Bulukumba nantinya juga akan ada sosok yang mendapat penghargaan yang sama.

 

Lebih lanjut diungkapkan bulan depan akan dilaksanakan Festival Adat se Sulawesi Selatan. Biasanya akan dihadiri juga oleh lembaga atau pemangku adat dari luar Sulawesi Selatan.

 

Dikatakan hakikat yang mengikat lembaga-lembaga adat se-Nusantara ini adalah Bhineka tunggal Ika sebagai ikatan persaudaraan di bumi Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

 

“Kenapa saudara kita dari Sumatera sana mau ke sini, alasannya cuma satu yaitu memiliki ikatan batin yang sama untuk bersama-sama melestarikan adat istiadat di Nusantara ini,” ungkapnya.

 

Raja Gowa ke 38 ini menitip pesan kepada Bupati Bulukumba agar lembaga adat yang terbentuk ini dapat dibina dan diharapkan menjalin koordinasi dan sinergi yang baik dengan pemerintah Kabupaten Bulukumba.