JAKARTA – Yang akan mengisi atau menjadi penghuni awal Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 2024 nanti adalah Aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) milenial.

Baca Juga: Dihadapan Ribuan Petugas Bhabinkamtibmas, Gubernur Sulsel: Wujudkan Kamtibmas Kondusif

Hal itu disampaikan oleh Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara, Dhony Rahajo pada acara Pre Market Sounding Proyek IKN di Jakarta, Selasa (18/10) kemarin.

 

“ASN milenial yang justru akan menjadi penduduk awal di sana,” ujarnya dilansir dari CNNIndonesia.com.

 

Dhony mengatakan, ekosistem penunjang pada IKN seperti gerai-gerai UMKM hingga fasilitas lainnya kini tengah dipersiapkan yang akan diperuntukkan bagi ASN tersebut .

 

Selain itu, juga disediakan rumah sakit dan sudah ada pihak swasta yang miliki komitmen untuk menunjang hal tersebut. Salah satunya adalah PT Medikaloka Hermina (Hermina Group).

 

“Kalau misalnya sakit atau istrinya melahirkan di sana ada Hermina, ada beberapa RS, ada 7 juga komitmen,” kata dia.

 

Oleh karena itu, ia berharap pada 2024 ASN milenial sudah bisa pindah ke IKN.

 

“2024 kita harapkan ini setelah Perpres keluar, IKN selesai, ASN kita pindahkan beserta dengan kebutuhan dasarnya,” tandasnya.

 

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas menyebut Presiden Joko Widodo telah memberikan instruksi ke kementeriannya untuk menyiapkan sejumlah skenario pemindahan dan digitalisasi ASN di IKN.

 

Ia mengklaim Kemenpan RB tengah memasuki tahap asesmen sehingga targetnya skenario tersebut bisa tuntas tahun depan.

 

“Ini bertahap, ini ada beberapa skenario belum bisa saya sampaikan. Ini ada skenario (ASN pindah) 20 ribu, 60 ribu, 100 ribu,” kata Azwar.