RAKYAT.NEWS, PALOPO – Kunjungan Bakal Calon Presiden (Bacapres), Anies Rasyid Baswedan (ABW) ke Luwu Raya berlangsung meriah, pada Sabtu, 23 September 2023.

Ribuan relawan dan simpatisan menjemput kedatangan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut di Bandara Ilagaligo, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu.

Iring-iringan kendaraan bermotor mengular lebih dari tiga kilometer mengawal perjalanan Anies menuju ke Istana Kedatuan Luwu di Kota Palopo.

Setibanya di halaman Istana Kedatuan, Anies yang datang bersama sang istri Ferry Farhati disambut suka cita melalui serangkaian upacara adat, termasuk Mappesabbi.

Mappesabbi adalah penghormatan yang dilakukan oleh tetamu kepada tuan rumah, dalam hal ini Datu Luwu untuk menjelaskan tentang diri dan maksud kedatangan, serta memohon doa serta dukungan untuk hajatan yang akan dilakukan.

Mappesabbi sesungguhnya adalah upacara sakral karena mengandung makna yang dalam serta berisi pesan-pesan luhur dari Kedatuan kepada tamu yang datang.

Seusai Mappesabbi, Anies Baswedan dan istri kemudian dijamu makan siang dengan makanan khas Luwu seperti kapurung, lawa, sinole, parade dan panganan lainnya seperti kue burongko, bolu peca, sanggara balanda dan banyak lagi yang lain.

Setelah itu, Anies Baswedan beranjak ke Masjid Jami Tua Palopo untuk menunaikan shalat sembari menyapa ratusan jemaah yang telah menantikan kedatangan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Antusiasme masyarakat menyerbu kedatangan Anies Baswedan sejak di Bandara, Istana Kedatuan Luwu serta di Masjid Jami Tua Palopo benar-benar tak terbendung.

Seperti biasanya di daerah lain yang dikunjungi Anies Baswedan, masyarakat berebut ingin bersalaman serta berfoto dengan mantan rektor Universitas Paramadina itu.

Meski sangat singkat, kedatangan Anies Baswedan di Luwu Raya benar-benar meninggalkan kesan yang mendalam bagi semua pihak.