MAKASSAR – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mempercayakan Poltekpar Makassar sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional SMK Pariwisata Se-Indonesia. Dengan mengusung tema, “Kolaborasi Pendidikan Vokasi Pariwisata Dalam Mencetak SDM Unggul di Era VUCA”. Berlangsung di Aula I Wayan Bendhi Kampus Poltekpar Makassar, Kamis-Jum’at (11-12/11/2021) secara Hybrid.

Baca Juga : Viral Video Rumah Roboh Akibat Hujan Deras

Adapun fokus Materi setiap session yaitu : Sinkronisasi Kurikulum dan Kompetensi, Akselerasi kelas Industri, Pengelolaan Hotel Praktik, Penguatan Link and Match dan Kolaborasi Lulusan Bekerja dan Berwirausaha.

Dalam sambutan Selamat Datang Direktur Politkenik Pariwisata Makassar, Drs. Muhammad Arifin M.Pd berharap, bisa menghasilkan rumusan bersama untuk menghasilkan SDM yang unggul.

“Berharap semoga menghasilkan rumusan Bersama antara SMK dengan Perguruan Tinggi untuk menghasilkan SDM Unggul khususnya dibidang Kepariwisataan,” ucapnya.

Selanjutnya Laporan oleh Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Parekraf / Baparekraf, Faisal M.M.Par., CHE menyampaikan, Rakornas merupakan ajang silaturahmi bagi para pengelola dan tenaga pendidik.

“Rakornas ini dihadirkan sebagai sarana silaturahmi para pengelola dan tenaga pendidik serta birokrat pendidikan dan Pariwisata dalam mengakselerasi semangat pemerintah untuk melakukan revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi yang mencakup SMK, Perguruan Tinggi, Lembaga Pelatihan dan Lembaga Kursus dimana sinergi dan kolaborasi antara Perguruan Tinggi Pariwisata di bawah Kemenparekraf dengan SMK Pariwisata di bawah Kemendikbudristek beserta Asosiasi SMK Pariwisata menjadi backbound utama dalam mencetak SDM unggul yang bekerja dan berwirausaha di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” tutur Faisal.

Ia menjelaskan, di tengah disrupsi sekarang ini, karakter pemimpin Institusi pendidikan yang berani untuk berubah, mengubah, dan mengkreasi hal-hal baru serta berkolaborasi, merupakan fondasi untuk membangun SMK Pariwisata dan Perguruan Tinggi Pariwisata ke depan.