MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar H. Ray Suryadi Arsyad (F-Demokrat) menyebut pemberian Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif penting dilakukan. Sebab, menjaga generasi merupakan kewajiban bersama.

”Perda ini sangat penting untuk menyiapkan generasi penerus bangsa ke depan,” ujarnya.

Hal ini diakatakan dirinya saat menggelar Sosialisasi Angkatan 14 dengan Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pemberian ASI Eksklusif, Sabtu (02/10/2021) di Hotel Karebosi Primer, Makassar.

Turut hadir sebagai narasumber, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Dr. Nursaidah Sirajuddin dan Inisiator Ranperda Asi Eksklusif Indira Mulyasari Paramastuti.

Menurut dia, ASI eksklusif adalah kewajiban seorang ibu pada anaknya. Itu adalah hak seorang anak. Atas dasar itu, perda ASI eksklusif diterapkan ke ibu-ibu.

”Pemberian ASI eksklusif dapat menolong mengurangi kemiskinan dan kelaparan. Membuat bayi maupun ibu terhindar dari berbagai macam penyakit, sehingga menurunkan angka kematian dan kekerdilan (stunting),” pungkas Ray.

Dia berharap agar para ibu menyusui tetap menjaga kondisi kesehatan pada situasi pandemi Covid-19 dan bayinya disusui sehingga dapat bisa terjaga dengan baik.

Sementara itu, Plt Kadis Kesehatan Kota Makassar Nursaidah Sirajuddin mengatakan, selain mengandung gizi yang komplet untuk nutrisi anak, ASI juga dapat membentuk imunitas tubuh anak lebih kuat.

”Selain ekonomis dan terjangkau semua kalangan, kekebalan dan gizi anak juga akan terjamin, sehingga dapat mencegah stunting,” ujar Nursaidah.