RAKYAT NEWS, BUDAPEST – Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa jika kembali terpilih jadi presiden, dia akan menghentikan bantuan dana kepada Ukraina. Hal ini disampaikan oleh Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban, Senin (11/3/2024).

Dia mengatakan bahwa perang antara Rusia dan Ukraina akan berhenti, jika AS tidak memberikan bantuan dana dan senjata.

Meski Trump bukan lagi presiden AS saat ini, Partai Republik terus menentang usulan Partai Demokrat, partai pendukung Presiden Joe Biden mengirimkan dana untuk mendukung Ukraina berperang melawan Rusia.

“Trump berkata jika ia terpilih lagi, ia tidak akan membiarkannya lagi. Ia tidak akan memberikan dana sepeserpun. Dengan demikian, perang pun berakhir,” katanya, dikutip dari republika.co.id.

Trump dan Orban memiliki hubungan pertemanan yang kuat dan juga sama-sama memiliki pandangan politik konservatif. Dan keduanya saling mendukung satu sama lain.

Pada Jumat (8/3/2024), Orban menemui Trump di rumah pribadinya di Mar-a-Lago, Florida, dan mendiskusikan beragam isu yang menjadi kepentingan bersama antara Hongaria dan Amerika Serikat.

PM Hongaria itu juga mendukung Trump yang mencalonkan diri lagi sebagai presiden AS serta dalam upayanya menghadapi sejumlah tuntutan hukum.