Virus Corona Berjangkit Lewat Dokumen dan Video

  • Whatsapp
corona virus menjangkit lewat dokumen
corona virus menjangkit lewat dokumen

Rakyat News, Makassar – Kaspersky Anton Ivanov ahli analis malware telah mendeteksi sejumlah dokumen Virus Corona yang disisipi oleh malware berbahaya, mulai dari trojan hingga worm ditemukan menyamar dengan kedok file pdf, mp4, docx soal virus corona.

Bahayanya, virus corona ini bisa menghancurkan, memblokir, memodifikasi, menyalin data, serta mengganggu pengoperasian komputer atau jaringan komputer.

Bacaan Lainnya

Nama-nama file menyiratkan bahwa dokumen berisi instruksi video tentang cara melindungi diri dari virus, info terkini seputar ancaman virus dan bahkan prosedur mendeteksi virus, namun rupanya file tersebut bukan berisi info mengenai corona virus melainkan berisi malware.

“Ketika masyarakat masih memiliki kekhawatiran akan kesehatan mereka, kita mungkin melihat semakin banyak malware yang tersembunyi di dalam dokumen palsu tentang penyebaran virus corona,” ujar Kaspersky Anton Ivanov dikutip dari katadata.co.id, Senin (03/02/2020).

Beberapa file terkait “coronavirus” dengan nama-nama sebagai berikut:

1) Worm.VBS.Dinihou.r
2) Worm.Python.Agent.c
3) UDS:DangerousObject.Multi.Generic
4) Trojan.WinLNK.Agent.gg
5) Trojan.WinLNK.Agent.ew
6) HEUR:Trojan.WinLNK.Agent.gen
7) HEUR:Trojan.PDF.Badur.b

Lebih lanjut, Ivanov menduga jenis malware berkedok dokumen soal Virus Corona bisa bertambah banyak, Sebab Virus Corona hingga saat ini merupakan bahan pembicaraan yang sedang populer.

Lantas bagaimana untuk menghindari agar tidak menjadi korban program berbahaya yang menyamar sebagai konten eksklusif, Kaspersky merekomendasikan untuk melakukan langkah-langkah berikut:

1) Selalu menghindari tautan mencurigakan, yang menjanjikan konten eksklusif. Rujuklah ke sumber resmi untuk memperoleh informasi yang sah dan dapat dipercaya.
2) Lihatlah ekstensi file yang diunduh. Dokumen dan file video seharusnya tidak dibuat dalam format .exe atau .lnk.

Penulis: Muh. Irfan Mahmud

Pos terkait