Makassar, Rakyat News – Bakal Calon Gubernur Sulsel, Abdul Rivai Ras (Bro Rivai) diprediksi akan menjadi calon kuda hitam sekira berhasil mendapatkan tiket maju di Pilgub Sulsel mendatang.

Pakar politik dari Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare, Nahrul Hayat menilai Bro Rivai merupakan calon pendatang baru yang cukup fenomenal sebab masih terus eksis di panggung politik Pilgub hingga hari ini.

“Dikala bakal calon lain‎ sudah banyak yang buang handuk. Bro Rivai masih konsisten berjuang dan masih eksis sampai hari ini. Hal ini membuktikan Bro Rivai dan tim memiliki daya juang yang tinggi,” beber Dosen Ilmu Komunikasi Politik ini, Kamis (14/12/2017).

‎Kondisi peta politik Pilgub Sulsel saat ini, lanjutnya, masih dinamis. Maju tidaknya Nurdin Halid (NH) di Pilgub bergantung pada hasil munaslub Partai Golkar. Tidak ada kepastian apakah pengganti Setya Novanto nanti masih akan mendorong NH atau justru mengalihkan rekomendasi Golkar ke calon lain.

Nasib sama juga dialami Nurdin Abdullah (NA) yang kini terancam kehilangan Gerindra, PKS dan PAN lantaran aksi serobot partai yang gencar dilakukan Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang (AAN) ‎terhadap partai pendukung NA.

Sementara, Ichsan ‎Yasin Limpo memilih maju lewat jalur independen. Sehingga memunculkan peluang bagi calon lain untuk menyerobot dukungan Demokrat dan PPP versi Romahurmuziy.

“Saya kira kalau Bro Rivai bisa membuktikan kalau ia mampu mendapatkan rekomendasi partai politik, maka potensinya muncul kuda hitam di Pilgub nanti bakal terbuka. Apalagi kalau beberapa calon yang muncul saat ini, itu ada yang terjegal langkahnya maju berkompetisi,” paparnya.

Pola komunikasi Bro Rivai yang cair ke semua kubu dianggap sebagai kekuatan utama. Calon yang terjegal tentu akan memilih untuk tidak mendukung calon yang dianggap sebagai musuh.