RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono telah menyatakan bahwa air minum kini telah mulai mengalir di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Basuki secara langsung telah mengikuti uji coba pengaliran air (running test ketiga) dari Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) Sepaku ke reservoir utama IKN Nusantara yang terletak di titik tertinggi. Running test ketiga tersebut dilakukan mulai Sabtu-Senin (20-22/7/2024).

Menurut Basuki, uji coba ini merupakan bagian integral dari proses pengoperasian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku guna memenuhi kebutuhan air minum di IKN Nusantara.

“Setelah running test pengaliran berhasil, kini tengah dilakukan pengurasan sistem dan jaringan, sekaligus memonitor dengan ketat kualitas air dalam jaringan perpipaan untuk menjamin kualitas air minum yang baik, sesuai standar kesehatan yang berlaku,” kata Basuki, Selasa (23/7/2024), mengutip CNNIndonesia.com.

Basuki berharap bahwa dalam bulan Juli ini, SPAM Sepaku akan dapat beroperasi sepenuhnya untuk melayani perkantoran dan bangunan di IKN.

“Ini air minum, bukan hanya air bersih. Air dari keran di apartemen dan rumah di IKN langsung dapat diminum. Kami terus mengecek kualitas airnya sebelum masuk ke reservoir. Kita berharap air minum ini sudah dapat dimanfaatkan pada beberapa hari ke depan,” imbuhnya.

SPAM Sepaku ini terdiri dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan kapasitas 300 liter per detik, pipa transmisi sepanjang 16 km, reservoir, dan jaringan pipa distribusi selama 22 km.

Adapun pada tahap awal, SPAM Sepaku diharapkan dapat melayani Kantor dan Istana Presiden, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), kompleks Kemenko 1,2,3, dan 4, Amphiteather, galeri, area layanan, hunian Aparatur Sipil Negara (ASN), Rumah Dinas Jabatan Menteri (RTJM), serta fasilitas umum lainnya seperti hotel, sekolah, pertokoan, dan rumah sakit.