RAKYAT NEWS, JAKARTA – Ridwan Kamil (RK) telah menyatakan kesiapannya untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Jakarta 2024 setelah Koalisi Indonesia Maju (KIM) memutuskan untuk mendukung Dedi Mulyadi di Pemilihan Gubernur Jawa Barat.

Ia menyatakan kesiapannya untuk bersaing dengan siapapun dalam Pemilihan Gubernur Jakarta, termasuk Anies Baswedan.

RK bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk membahas keputusannya untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Jakarta. Setelah pertemuan dengan Airlangga, RK menyatakan optimisme terkait pencalonannya.

“Saya mah orang optimistis,” kata RK kepada wartawan di rumah dinas Airlangga Hartarto, Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2024).

RK juga menyatakan kesiapannya untuk berkompetisi dengan mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dia menegaskan bahwa dia tidak ingin menghadapi situasi di mana tidak ada calon lawan dalam Pemilihan Gubernur Jakarta.

“Dengan siapa aja siap, saya waktu walikota lawan 8 pasang, waktu lawan Jabar 4 pasang. Jakarta dengan siapa pun,” ucap RK.

“Ada kotak kosong mekanisme demokrasi. Kalau nanya ke saya, saya nggak suka. Kalau mau kotak kosong debat sama siapa? terus gimana mau mencounternya? susah. Idealnya kalau bisa jangan dengan kotak kosong saya siap, idealnya. Tapi kan bukan saya yang ngatur, saya pengantinnya,” sambungnya.