RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Stasiun Sukabumi pada Selasa (13/8/2024), dipenuhi anak-anak berusia 3-7 tahun yang penuh semangat dan kegembiraan. Dengan didampingi oleh orang tua masing-masing, mereka mengikuti kegiatan Edutrain yang diadakan oleh KAI Daop 1 Jakarta bekerja sama dengan Komunitas Petualang Cilik Sukabumi, yang beralamat di Botanica Sriwidari nomor 16 Sukabumi.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kereta api kepada anak-anak sejak dini agar mereka tumbuh dengan kecintaan terhadap kereta api.

Menurut Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, kegiatan Edutrain tidak hanya diselenggarakan di stasiun-stasiun, tetapi juga di sekolah-sekolah yang berlokasi dekat dengan jalur kereta api untuk berbagi pengetahuan serta melakukan sosialisasi keselamatan perkeretaapian.

Edutrain KAI Daop 1 Jakarta mencakup anak-anak dari usia 3 tahun hingga perguruan tinggi, dengan metode yang disesuaikan untuk tiap kelompok usia, seperti bermain, bernyanyi, dan pengenalan profesi di PT KAI (Persero), khususnya profesi awak sarana kereta api.

Sepanjang tahun 2024, kegiatan Edutrain telah dilaksanakan sebanyak 20 kali, dengan 13 kegiatan di stasiun dan 7 kegiatan di sekolah. Beberapa stasiun yang menjadi obyek Edutrain meliputi Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bogor, Sukabumi, dan Cikarang. Sekolah-sekolah yang sudah mengikuti kegiatan Edutrain antara lain:

1. SD Stie Tawan Siswa Kemayoran
2. Yayasan Madrasah Pendidikan Jama’atul Islamiyah Tanah Tinggi
3. Warga Cinangoh Karawang (Karang Taruna)
4. SDN Cicayur 1 Desa Cisauk
5. SDN Citatah Jaya Cibinong
6. SMK IT Dwiguna Depok
7. SD Muhammadiyah 17 Kampung Bahari Tanjungpriuk

Ixfan juga menambahkan bahwa masih banyak sekolah yang akan dikunjungi untuk mengadakan kegiatan Edutrain, dan beberapa di antaranya sudah mengajukan permohonan kunjungan ke stasiun untuk dua bulan ke depan.