RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Kehadiran Ilham Arief Sirajuddin (IAS) akan memberikan dampak nyata kepada pasangan Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar kali ini.

“Artinya, jaringan yang Pak IAS bangun dua tahun ini tidak akan sia-sia,” ujar Pengamat politik, Dr. Arief Wicaksono kepada rakyat news melalui pesan WhatsApp, Selasa (13/8/2024).

Kehadiran politisi senior Golkar di barisan Appi-Aliyah ini juga akan memberikan pengaruh elektabilitas. “Sudah pasti akan berpengaruh kepada elektabilitasnya, meskipun hasil kerja mesin pak IAS akan terlihat nanti setelah ada hasil survey berikutnya,” katanya.

“Sedikit atau banyak akan ada yang merasa terancam,” ucap akademisi Universitas Bosowa ini saat ditanya apakah sosok IAS memberi guncangan tersendiri bagi pasangan calon lainnya.

Namun, Konsultan Politik, Andi Sri Wulandani, memandang apa yang dilakukan IAS adalah hal yang wajar.

“Pak IAS, kan, saya kira tidak masalah kalau untuk mendampingi. Pertama, bukan ASN, kemudian dia juga bukan belum fix, ya, untuk maju di (Pemilihan) Gubernur, posisinya kita masih anggap independen. Dia punya hak untuk mendampingi, apalagi yang dia dukung istri sendiri,” kata dia saat dihubungi, Selasa (13/8/2024).

Sebelumnya, pada hari yang sama, IAS nampak hadir mendampingi Appi sosialisasi dengan warga Kelurahan Kassi-Kassi, Kecamatan Rappocini.

Politisi senior Golkar itu menegaskan bahwa sudah menjadi tanggung jawabnya untuk menyosialisasikan jagoan partai beringin pada kontestasi politik tahun ini.

“Sebagai kader Golkar punya tanggung jawab (ikut turun menyosialisasikan Appi),” ujar IAS, mengutip fajar.co.id.