RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Direktur Epicentrum Politica, Iin Fitriani, memperkirakan pasangan calon Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham yang akan maju di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar kini berpotensi menjadi kandidat yang patut diwaspadai.

“Apabila duet ini bisa stabil hingga pendaftaran, maka duet Appi-Aliyah layak di perhitungkan sebagai kontestan yang patut diwaspadai,” ujarnya melalui pesan WhatsApp kepada Rakyat News, Selasa (13/8/2024).

Hal itu didukung dengan hadirnya Ilham Arief Sirajuddin dalam mengawal Appi-Aliyah. “Artinya jaringan yang Pak IAS bangun dua tahun ini tidak akan sia-sia,” kata Pengamat politik, Dr. Arief Wicaksono dalam pesan singkatnya.

Kehadiran politisi senior Golkar di barisan Appi-Aliyah ini juga akan memberikan pengaruh elektabilitas dan akan memberi guncangan tersendiri bagi paslon lainnya. “Sudah pasti akan berpengaruh kepada elektabilitasnya, meskipun hasil kerja mesin pak IAS akan terlihat nanti setelah ada hasil survey berikutnya,” katanya.

“Sedikit atau banyak akan ada yang merasa terancam,” lanjutnya.

Namun, Konsultan Politik, Andi Sri Wulandani, memandang apa yang dilakukan IAS adalah hal yang wajar.

“Pak IAS, kan, saya kira tidak masalah kalau untuk mendampingi. Pertama, bukan ASN, kemudian dia juga bukan belum fix, ya, untuk maju di (Pemilihan) Gubernur, posisinya kita masih anggap independen. Dia punya hak untuk mendampingi, apalagi yang dia dukung istri sendiri,” kata dia saat dihubungi.