Luwu, Rakyat News – Romantis. Kata itu yang pantas di alamatkan ke Bupati Luwu, Andi Mudzakkar (Cakka). Pada peringatan Hari Ibu ke-89 dan HUT Dharma Wanita Persatuan ke-18, Cakka menyerahkan bunga kepada istrinya, Tenri Karta Mudzakkar.

Penyerahan bunga ini mengundang perhatian dan tepuk tangan tamu undangan upacara. Apalagi Cakka menyerahkan bunga, awalnya tanpa sepengetahuan pujaan hati.

“Teringat lagi kenangan 20 tahun silam. Tapi jangan mi cipika cipiki, ” kata Mudzakkar diiringi tawa undangan, Jumat (22/12/2017).

Pada peringatan Hari Ibu, Cakka sapaan Mudzakkar mengatakan, peringatan Hari Ibu setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, yang telah berjuang bersama-sama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram, damai, adil dan makmur sebagaimana dideklarasikan pertama kali dalam Kongres Perempuan Indonesia pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta,” kata Cakka

Peristiwa ini menurutnya, sekaligus sebagai tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia dan diperingati setiap tahunnya, baik di dalam dan luar negeri. Komitmen pemerintah juga dibuktikan dengan diterbitkannya Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 316 Tahun 1959, yang menetapkan bahwa tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu sekaligus Hari Nasional bukan hari libur.

Diakhir sambutannya, Cakka mengatakan, perjalanan panjang selama 89 tahun, telah mengantarkan berbagai keberhasilan bagi kaum perempuan dan kaum laki-laki dalam menghadapi berbagai tantangan global dan multidimensi, khususnya perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia. (*)