RAKYAT NEWS, JAKARTA – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menegaskan bahwa partainya telah berkoalisi dengan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Cak Imin dalam acara penyerahan dokumen persetujuan partai politik kepada calon kepala daerah yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah 2024 di Fairmont, Jakarta Pusat, pada hari Minggu (18/8/2024).

Menurutnya, kolaborasi ini bertujuan untuk menyelaraskan ekonomi yang saat ini dianggap “bengkok” agar berlandaskan konstitusi.

“Saya ingin sampaikan saya dan PKB sudah berkoalisi dengan Gerindra, dan salah satu yang membuat kami berdua PKB dan Gerindra cocok adalah kami sama-sama ingin meluruskan ekonomi berbasis konstitusi,” ujarnya.

Cak Imin menjelaskan bahwa ekonomi berbasis konstitusi yang dimaksud adalah ekonomi yang mengutamakan kepentingan rakyat.

Oleh karena itu, ia memberikan pesan kepada calon kepala daerah yang direkomendasikan oleh PKB untuk menggalakkan ekonomi berlandaskan konstitusi apabila terpilih dalam Pilkada 2024.

“Oleh karena itu kepala daerah yang punya kewenangan, punya kesempatan memegang kendali policy itu, ekonomi. Kelihatannya konstitusi urusannya politik, enggak. Konstitusi itu urusannya ekonomi. Kala kita konsisten pada konstitusi, maka ekonomi kita tidak terombang-ambing terus menerus dan terlunta-lunta,” tuturnya.