RAKYAT NEWS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji tanggapan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Indonesia yang membatalkan rencana revisi Undang-Undang (UU) Pilkada di tengah protes massa. Jokowi menganggap langkah cepat DPR sangat positif.

“Ya saya menghargai langkah cepat DPR dalam menanggapi situasi yang berkembang, respons yang cepat adalah hal yang baik, sangat baik,” kata Jokowi dalam keterangan pers yang diunggah di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (27/8/2024).

Selanjutnya, Jokowi berharap agar DPR juga mengambil tindakan yang sama terhadap peraturan-peraturan lainnya. Ia kembali menyoroti urgensi Rancangan Undang-Undang (RUU) Perampasan Aset yang dianggapnya krusial dalam upaya memberantas korupsi.

“Dan harapan itu juga bisa diterapkan untuk hal-hal yang lain juga, yang mendesak, misalnya seperti RUU perampasan aset, yang juga sangat penting untuk pemberantasan korupsi, juga bisa segera diselesaikan oleh DPR,” ujarnya.

Sebagai informasi, aksi demonstrasi menolak revisi UU Pilkada berlangsung pada Kamis (22 Agustus). Aksi tersebut digelar saat DPR tengah melakukan rapat paripurna untuk memberlakukan RUU Pilkada.

Di hari yang sama, DPR memutuskan untuk membatalkan pengesahan RUU tersebut. DPR menegaskan untuk mengikuti putusan MK terkait Pilkada.