RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Partai buruh mengklaim bahwa ada lima partai politik non-kursi di DPRD Sulsel yang mendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto-Azhar Arsyad dalam Pilgub Sulsel 2024. Kelompok partai yang tergabung dalam ‘Koalisi Rakyat’ ini disebut solid dan siap untuk ikut serta dalam memenangkan Danny-Azhar.

“Meskipun secara teknis di KPU kami hanya pendukung, tapi di internal koalisi kami diakui sebagai pengusung. Nanti dalam pembahasan dalam tim Koalisi Rakyat kami juga akan membangun tim yang solid,” ujar Ketua Partai Buruh Exco Sulsel, Ahmad Rianto, Minggu (1/9/2024), mengutip detikSulsel.

Mereka mengidentifikasi lima partai non-kursi yang bergabung dalam Koalisi Rakyat tersebut sebagai Partai Buruh, Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Ummat, dan Partai Bulan Bintang (PBB). Meskipun mereka tidak resmi diakui sebagai pengusung oleh KPU karena masalah administrasi, namun kelima partai tersebut diakui sebagai pengusung di internal koalisi Danny-Azhar.

“Artinya kita sudah dapat pengakuan dari paslon dan partai pengusung yang lain. PDIP. PPP, dan PKB. Bahkan PDIP yang sangat kekeh memaksakan agar kami masuk, justru Pak Andi Ridwan Wittiri (Ketua PDIP Sulsel),” ujar Ahmad.

Ahmad menjelaskan bahwa kelima partai ini tidak terdaftar dalam Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU karena masalah teknis. Surat keputusan (SK) pendukung dari DPP masing-masing partai terlambat karena keterbatasan penerbangan pada hari terakhir pendaftaran calon kepala daerah.

“Dukungan B.1-KWK semuanya sebenarnya juga sudah ada untuk Pak Danny-Azhar, cuma kemarin saat pendaftaran terlambat tiba karena penerbangan dari Jakarta ke Makassar padat sekali,” katanya.

Meskipun demikian, Ahmad memastikan bahwa hal tersebut tidak mengurangi semangat partai dalam ‘Koalisi Rakyat’ untuk berjuang memenangkan Danny-Azhar. Meskipun sebelumnya terdapat enam partai politik dalam koalisi ini sebelum Gelora memutuskan untuk mendukung pasangan calon Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi.