Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan penggunaan toilet duduk dilengkapi wastafel dan hand dryer.

Selain itu tersedia tempat ibadah di kereta restorasi. Kereta Menoreh new generation ini merupakan hasil inovasi sarana yang dilakukan oleh Balai Yasa Manggarai (tempat perawatan sarana perkeretaapian milik KAI di Manggarai, Jakarta).

Sebelumnya, KAI untuk Daop 1 Jakarta telah meluncurkan kereta ekonomi new generation versi modifikasi pada KA Jaka Tingkir relasi Purwosari – Pasar Senen pp, KA Jayabaya relasi Pasarsenen – Malang pp, KA Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen – Surabaya Gubeng pp, KA Blambangan Ekspres relasi Pasarsenen – Ketapang pp, dan KA Majapahit relasi Pasar Senen-Malang pp

“KAI menargetkan pada tahun 2024 untuk mengubah sebanyak 60 kereta ekonomi kursi tegak berhadapan menjadi kereta ekonomi new generation versi modifikasi,” ujar Ixfan.

Hingga 30 Agustus 2024, sudah terdapat sebanyak 42 kereta yang telah dimodifikasi. Selanjutnya, sebanyak 52 kereta lainnya akan mengalami modifikasi serupa pada tahun 2025.

“KAI akan terus meningkatkan kenyamanan kereta api. Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu,” pungkas Ixfan.