RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Pasangan Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham mengunjungi mantan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, HM Jusuf Kalla (JK) setelah pendaftarannya disetujui oleh KPU Kota Makassar. Pertemuan berlangsung di Jalan Haji Bau Makassar, pada Ahad petang, 1 September 2024.

“Kami butuh doa dan restu semua pihak menjalani itikad baik untuk Makassar ini. Makanya, nasihat dan wejangan dari para sosok yang kami butuhkan nilai pengalamannya, sangat penting,” ujar Munafri mengutip Tribun Timur.

Munafri alias Appi didampingi oleh Melinda Aksa Mahmud, sedangkan Aliyah, yang juga Ketua BKMT Sulsel, didampingi oleh suaminya, Ilham Arief Sirajuddin (IAS). JK bersama dengan istrinya, Mufidah Jusuf Kalla, menyambut mereka.

Appi menyampaikan bahwa JK berpesan agar dalam kontestasi ini, mereka sebagai pasangan yang juga dikenal dengan tagline Si Ganteng dan Si Cantik, menunjukkan pola persaingan yang sehat.

“Pak JK menekankan agar Mulia mengedepankan prinsip sipakatau dan sipakalebbi. Menjunjung nilai-nilai luhur Bugis Makassar. Tidak melakukan pembusukan pada lawan. Intinya bersaing sehat,” kata Appi.

Selain pesan dan nasihat dari JK, Aliyah juga menyampaikan pesan penting dari Mufidah Jusuf Kalla.

Pesan tersebut didasarkan pada pandangan agama yang menekankan bahwa perempuan, terutama ibu-ibu, adalah pondasi utama dalam membangun generasi yang baik.

“Ibu Mufidah meminta Appi-Aliyah lebih luas memberdayakan perempuan, utamanya ibu-ibu jika mendapat kepercayaan memimpin Makassar. Jika pemerintah banyak memberdayakan emak-emak, memang membuka peluang lahirnya generasi bangsa yang lebih baik. Kami mencamkan baik-baik pesan ini,” tegas Aliyah.

Pasangan Mulia akan maju di pemilihan walikota Makassar dengan dukungan partai politik yang lebih banyak daripada calon lainnya.

Partai yang mendukung mereka antara lain Partai Golkar, Demokrat, Hanura, Perindo, PBB, PKN, dan Partai Ummat.