RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) memberikan pujian kepada tiga atlet boccia Indonesia yang berhasil meraih medali di cabang olahraga Boccia Paralimpiade 2024.

Salah satu atlet boccia putri Indonesia, Gischa Zayana, berhasil meraih medali perunggu dalam nomor individual putri BC2 di Paralimpiade 2024.

Sementara itu, atlet boccia putra Indonesia, Muhammad Afrizal Syafa, berhasil meraih medali perunggu dalam nomor individual putra BC1 di Paralimpiade 2024.

Muhammad Bintang Herlangga juga sukses meraih medali perak dalam nomor individual putra BC2 di Paralimpiade Paris 2024. Prestasi yang membanggakan ini mendapat penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo.

“Selamat atas prestasi Gischa Zayana dan Muhammad Afrizal Syafa yang meraih dua medali perunggu, serta peluang Bintang Satria Herlangga untuk meraih emas, dari Tim Boccia Indonesia di Paralimpiade 2024,” ucap Jokowi dikutip dari laman Instagram pribadinya, Senin (2/9/2024).

Jokowi menyatakan bahwa pencapaian tim boccia Indonesia merupakan sejarah karena untuk pertama kalinya Tim Merah Putih mengirimkan perwakilan di cabang Boccia Paralimpiade.

“Ini adalah sejarah baru karena Indonesia untuk pertama kalinya memiliki wakil di cabang olahraga Boccia di Paralimpiade. Prestasi para atlet kita menjadi inspirasi untuk terus menjaga semangat juang untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” lanjutnya.

Muhammad Bintang Satria Herlangga, Gischa Zayana, dan Muhamad Afrizal Fasya, atlet Paralimpiade Indonesia, juga berhasil meraih medali perak dalam cabang atletik nomor lari 100m T37 melalui atlet Saptoyogo Purnomo.

Dengan koleksi empat medali ini, Indonesia berada pada peringkat 47 dalam perolehan medali. Hingga Senin (2/9) pukul 13.00 WIB, Indonesia telah mengumpulkan dua medali perak dan dua medali perunggu.

Indonesia juga dipastikan meraih medali emas dalam cabang para-bulu tangkis setelah terjadi final antara wakil Indonesia di cabang ganda campuran SL3-SU5 yang akan diselenggarakan pada Senin (2/9).