RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Atlet angkat besi atau Lifter unggulan Sulawesi Selatan, Rahmat Erwin Abdullah, berhasil meraih medali emas pertama untuk tim Sulsel dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut).

Saat tampil di Gedung PABBSI Kompleks Stadion Harapan Bangsa pada Kamis (5/9/2024) malam, Rahmat berhasil menjadi yang terbaik di Kelas 73 Kg Putra dengan total angkatan 345 Kg dan clean and jerk total 192 Kg.

Selain itu, Rahmat Erwin Abdullah juga berhasil memecahkan rekor PON XX Papua tahun 2021 yang sebelumnya dipegang olehnya sendiri. Pada PON Papua, Erwin memiliki rekor clean and jerk total 191 Kg.

Dengan hasil ini, Rahmat Erwin Abdullah berhasil mengalahkan dua pesaingnya, yaitu Handoko Meitriana dari Jawa Barat dengan total angkatan 302 Kg. Sedangkan, medali perunggu diraih oleh Mohammad Yasin lifter asal Jawa Timur dengan total angkatan 301 Kg.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel, Yasir Machmud merasa sangat bersyukur dengan prestasi yang diraih oleh Rahmat yang kembali meraih medali emas di PON. Menurut Yasir, Rahmat sekali lagi membuktikan kualitasnya.

Yasir juga menambahkan bahwa dengan meraih medali emas pertama dari cabang olahraga angkat besi ini, klasemen sementara Sulsel kembali meningkat.

“Semoga cabang olahraga lainnya dapat menyumbangkan emas untuk Sulsel. Sulsel, Ewako!!,” harap Yasir Machmud dikutip, Kamis (5/9/2024).

Sementara itu, Pelatih Cabang Olahraga Angkat Besi Sulsel, Erwin Abdullah menyatakan kepuasannya dan rasa syukur atas hasil yang dicapai oleh Rahmat dalam pertandingan ini.

“Semoga Rahmat bisa lebih baik lagi ke depan dan mempersiapkan diri dengan baik di sejumlah kejuaraan,” pungkasnya.