RAKYAT.NEWS, MEDAN – Cabang olahraga E-Sport kategori Free Fire berhasil amankan medali perak bagi kontingen Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) tahun 2024.

Capaian medali perak ini diraih kontingen Sulsel setelah berhasil mengamankan 161 poin di Medan Internasional Convention Center, Minggu (15/9/2024).

Sedangkan medali emas diraih Jawa Barat dengan total poin 212, dan perunggu diraih Papua dengan 144 poin.

Cabor Free Fire Sulsel terdiri dari 5 pemain dan 1 pelatih. Kelimanya antara lain M Reza, Muh Ihsan Eja Putra, Fahreza Rezky Ramadhan, Muh Raehan dan Radil Haryadi. Sedangkan posisi pelatih diisi oleh Hutomo Adhy Utama yang juga merupakan manajer dari tim RRQ_Kazu.

Pelatih tim E-sport Free Fire Sulsel, Hutomo Adhy Utama, mengungkapkan bahwa raihan medali perak ini merupakan bentuk kerja keras timnya setelah tidak mampu lolos PON edisi sebelumnya di Papua pada tahun 2021 lalu.

“Meski kita tidak berhasil mendapatkan emas, tapi tidak apa-apa, medali Perak yang kita dapat juga ini membayar kegagalan kita di PON Papua Kemarin,” katanya saat dikonfirmasi Rakyat.News.

Hutomo yang kerap disapa Tomo tersebut mengatakan, bahwa capaian tersebut juga memang menjadi target dari timnya untuk mengamankan posisi dua terbaik dari cabor e-Sport `kategori Free Fire PON XXI.

“Iya ini sesuai target, target kami top 2, walaupun sebenarnya kita berharap bisa mendapatkan emas,” jelas Tomo.

Melalui raihan ini, Tomo juga berharap bahwa adanya proses regenerasi pemain yang baik agar menghasilkan pemain-pemain profesional hingga dapat bersaing dalam event regional serta internasional demi mengharumkan nama Indonesia.

“Dengan kita mendapatkan medali perak, Semoga kedepannya akan ada regenerasi buat pemain-pemain (Free Fire) di Sulsel untuk menuju event kompetitif di regional Indonesia,” harapnya.