RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar telah melakukan rapat pleno terbuka untuk menentukan nomor urut pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wakil kota dalam Pilwalkot Makassar 2024.

Rapat pleno terbuka tersebut dipimpin oleh Ketua KPU Makassar, Andi Muhammad Yasir Arafat yang bertujuan untuk melakukan pengundian nomor urut paslon Pilwalkot Makassar berlangsung di Hotel Claro, Jalan AP Pettarani, Makassar, Senin (23/9/2024) siang.

Pengundian nomor urut dihadiri oleh perwakilan partai politik, relawan, dan pendukung paslon. Turut hadir dalam acara tersebut adalah jajaran Bawaslu Makassar, Forkopimda Makassar, dan undangan lainnya.

Proses pengambilan nomor urut paslon Pilwalkot Makassar dilakukan dalam dua tahap. Pada tahap pertama, setiap calon wakil wali kota mengambil nomor antrean berdasarkan urutan pendaftaran paslon ke KPU.

Diketahui bahwa Seto-Rezki menjadi pendaftar pertama ke KPU Makassar pada 27-29 Agustus lalu. Hingga kemudian disusul oleh Appi-Aliyah, Indira-Ilham, dan Amri-Rahman.

Setelah proses antrean nomor urut selesai, dilanjutkan dengan tahap kedua yaitu pengundian nomor urut oleh masing-masing calon wali kota.

Mereka yang mendapat antrean pertama diberikan kesempatan untuk mengambil undian lebih awal.

Hasilnya, masing-masing dari total 4 pasangan tersebut mendapatkan nomornya dalam mengarungi Pilkada atau Pilwalkot Makassar pada 27 November 2024 mendatang.

Berikut nomor urut dari masing-masing pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar.

  1. Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham (MULIA), diusung oleh Golkar, Demokrat, Perindo, Hanura, Ummat, dan PBB.
  2. Andi Seto Gadhista Asapa-Rezki Mulfiati Lutfi (SEHATI) nomor 2, diusung oleh Gerindra, NasDem, PAN, dan PSI
  3. Indira Jusuf Ismail-Ilham Ari Fauzi Amir Uskara (INIMI) nomor 3, didukung oleh PKB, PPP, dan PDIP.
  4. Amri Arsyid-Abdul Rahman Bando (AMAN) nomor 4, didukung oleh PKS.