RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Hasil survei terbaru dari tiga lembaga berbeda menunjukkan keunggulan yang signifikan bagi pasangan Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Pilkada 2024.

Pasangan ini didukung oleh koalisi besar yang terdiri dari 10 partai politik, termasuk Nasdem, PKS, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, Hanura, PSI, Gelora, dan Perindo.

Dalam survei yang dilakukan antara Mei hingga Juli 2024, Andi Sudirman Sulaiman mendominasi simulasi head-to-head melawan pesaing utamanya, Wali Kota Makassar Danny Pomanto yang diusung oleh Partai PDI-P, PKB dan PPP.

Survei Indikator Politik Indonesia

Survei yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia pada periode 11-19 Juli 2024 melibatkan 1130 responden di seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. Metode survei ini menggunakan multistage random sampling, dengan margin of error ±3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei tersebut mencatat oversampling di Kabupaten Bone dengan tambahan 400 responden, daerah asal Andi Sudirman Sulaiman.

Hasil survei menunjukkan Andi Sudirman unggul signifikan dalam simulasi dua kandidat dengan elektabilitas mencapai 46,3 persen, jauh di atas Danny Pomanto yang hanya memperoleh 9,6 persen. Namun, 44,1 persen pemilih masih belum memutuskan pilihan.

Survei Katadata Insight Center

Survei yang dilakukan oleh Katadata Insight Center (KIC) pada tanggal 3-9 Mei 2024 menghasilkan data menarik. Metode survei online digunakan dengan melibatkan 869 responden dan tingkat kesalahan margin sebesar ±3,3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Andi Sudirman Sulaiman menduduki peringkat pertama dengan 23,8 persen suara dalam survei ini. Sementara itu, Rusdi Masse Mappasessu berada di posisi kedua dengan 11,8 persen, dan Adnan Purichta Ichsan menempati peringkat ketiga dengan 11,1 persen. Danny Pomanto, yang juga menjadi salah satu kandidat dalam survei tersebut, hanya mendapatkan 6,3 persen suara saja sehingga berada di peringkat keenam.

Data ini menunjukkan bahwa Andi Sudirman Sulaiman memiliki popularitas yang tinggi di kalangan masyarakat Sulawesi Selatan, sehingga dianggap sebagai figur yang paling layak untuk memimpin provinsi ini pada periode mendatang.

Survei PKN

Lembaga PKN juga merilis hasil survei pada 3-9 Juni 2024. Survei ini diikuti oleh 1.067 responden dari seluruh wilayah Sulawesi Selatan dengan margin of error ±5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Andi Sudirman berada di urutan ketiga dalam survei ini dengan 9,75 persen suara. Danny Pomanto berada di posisi keempat dengan 6,65 persen. 37,68 persen pemilih belum memutuskan pilihannya.

PKN mencatat tingginya tingkat ketidakpastian di kalangan pemilih yang dapat memengaruhi hasil akhir pemilihan, tergantung pada kampanye calon kandidat.

Hasil survei dari tiga lembaga menunjukkan dominasi Andi Sudirman Sulaiman dalam simulasi Pilkada Sulsel 2024. Dengan elektabilitas yang konsisten unggul, Andi Sudirman memiliki peluang besar untuk memenangkan kursi Gubernur Sulsel.

Tingginya jumlah undecided voters menjadi tantangan bagi seluruh kandidat, termasuk Andi Sudirman dan Danny Pomanto, untuk meyakinkan pemilih yang belum memutuskan pilihan.