RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Hasil survei elektabilitas calon Bupati dan calon Wakil Bupati Kabupaten Selayar, Sulsel 2024-2029 oleh Lembaga Script Survei Indonesia (SSI) menunjukkan bahwa pasangan calon nomor urut 1, Muhammad Natsir Ali-H Muchtar mendominasi dengan 44.88%. Pasangan ini didukung oleh partai Golkar, PAN, PDIP, dan Gerindra.

Di posisi kedua, pasangan calon nomor urut 2, Ady Ansar-H Suwadi yang diusung oleh Nasdem, PKS, PKB, dan Partai Solidaritas Indonesia memperoleh 28.05%.

Sementara itu, pasangan nomor urut 3, Abdul Rahman Masriat-Daeng Marowa, yang maju secara independen, meraih 15.37%. Sementara 11.71% responden belum memutuskan pilihannya.

Direktur Eksekutif SSI, Yuhardin, menjelaskan bahwa survei dilakukan secara acak terhadap 410 responden di seluruh kecamatan dengan metode multistage random sampling. Survei dilaksanakan dalam rentang waktu 11-23 September 2024, dengan tingkat kepercayaan 95% dan margin of error 4.8%.

Calon nomor urut 1, Muh Natsir Ali – Muhtar, memimpin di beberapa kecamatan seperti Takabonerate, Pasimarannu, Bontomanai, Bontoharu, Bontomatene, Bontosikuyu, dan Pasimasunggu. Sementara pasangan Ady Ansar – Suwadi unggul di kecamatan Benteng, Buki, Pasilambena, dan Pasimasunggu Timur.

Alasan utama pemilih dalam memilih calon Bupati dan Wakil Bupati adalah kriteria sederhana, ramah/merakyat, memiliki hubungan keluarga, membawa harapan baru, berprestasi/kinerja terbukti, pintar, berwawasan luas, dan memperjuangkan kesejahteraan rakyat.

Masyarakat juga berharap agar bupati terpilih nantinya dapat menciptakan lapangan pekerjaan, mengendalikan harga kebutuhan pokok, memperbaiki infrastruktur, menambah jaringan listrik, menyediakan air bersih, mengatasi kelangkaan pupuk, serta meningkatkan sektor kesehatan dan pendidikan.

“42,93% masyarakat menyatakan dukungannya sudah kuat (strong voters), Sebanyak 56.64%, pemilih mengaku masih ragu (kemungkinan mengubah pilihan/swingvoters), sehingga peluang untuk masing-masing kandidat masih terbuka,” papar Direktur Eksekutif SSI Yuhardin dalam siaran persnya, Kamis (26/9).