RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Amri Arsyid, pria 51 tahun asal Kota Makassar, yang kini mencalonkan diri sebagai calon Wali Kota Makassar di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Berpostur tegap dengan rambut putih menjadi ciri khasnya. Amri memulai karirnya dari dunia bisnis dan menjadi sales agronomist di PT. Pioneer Hibrida Indonesia. Berawal dari itu, karirnya terus mencatatkan prestasi positif dengan menduduki jabatan strategis di sejumlah perusahaan besar seperti PT HM Sampoerna, PT ESA Sarwaguna Adinata Group of ESA Sampoerna, PT Kalla Kakao, PT Alsera Marioga Niaga dan PT Amal Amanah Sejahtera.

Di dunia politik, Amri menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Sulawesi Selatan sejak 2020. Sekarang, ia menggandeng Abdul Rahman Bando dalam Pemilihan Wali kota (Pilwalkot) Makassar 2024.

Bando pun punya sepak terjang yang panjang sebagai birokrat. Ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Badan KB pada tahun 2009 hingga menjadi Kepala Kantor Ketahanan Pangan di tahun 2012.

Selain itu, pria kelahiran 10 Februari 1970 ini juga pernah menjadi Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kota Makassar di tahun 2013. Pada tahun 2016, ia menjadi Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian.

Bando juga pernah menjadi Kepala Dinas Pendidikan di tahun 2018. Tahun 2019 kembali menjadi kembali memimpin Dinas Perikanan dan Kelautan.

Pengamat politik, Syahrir Karim, menilai kolaborasi antara pengusaha dengan birokrat ini sebagai pasangan ideal untuk memimpin Kota Makassar.

“Politisi – birokrat menjadi kelebihan tersendiri bagi pasangan ini diantara Paslon lainnya,” jelasnya.

“Di sisi lain, PKS sebagai partai kader, tentu memilih orang-orang terbaik yang terseleksi dalam jenjang kaderisasi yang terstruktur baik,” imbuhnya.