RAKYAT NEWS, SULSEL – Kampanye Dialogis hari kedua, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Jeneponto H. Muhammad Sarif, SH, MH – Moch. Noer Alim Qalby, SH, LL.M berlangsung pada dua titik yakni Desa Bontomanai, Kecamatan Bangkala dan Kelurahan Bulujaya, Kecamatan Bangkala Barat, Sabtu (28/9/2024).

Paslon Sarif-Qalby kompak hadir untuk bertatap muka dengan warga di Desa Bontomanai Kecamatan Bangkala, dan Kelurahan Bulujaya, Kecamatan Bangkala Barat untuk melaksanakan kampanye dialogis.

Paslon Sarif-Qalby mengusung program yang sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat setempat. Cabup Muhammad Sarif mengatakan alasan di balik tawaran program pakaian sekolah gratis dan pengadaan alat-alat pertanian.

Sarif mengatakan saat ini pendidikan harus terjangkau, misalnya program pakaian sekolah gratis bertujuan untuk meringankan beban ekonomi orang tua, sehingga anak-anak bisa bersekolah tanpa merasa terbebani biaya.

“Saya berharap hal ini diharapkan dapat meningkatkan angka partisipasi sekolah di kalangan anak-anak di desa,” ungkap mantan Sekda Jeneponto tersebut.

Kemudian kata Sarif, dukungan terhadap Sektor Pertanian harus ditingkatkan terutama penyediaan alat pertanian seperti hand traktor dan pengadaan sumur bor merupakan langkah strategis untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Termasuk ketersediaan pupuk bersubsidi dan pengadaan bibit untuk petani.

Paslon Sarif-Qalby saat melakukan kampanye dialogis di Kecamatan Bangkala

Hal ini dilakukan untuk memudahkan petani dalam mengolah lahan. Oleh karena itu, Paslon Sarif-Qalby berkomitmen untuk mendukung perekonomian lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, kata Sarif memberdayakan masyarakat juga menjadi prioritas. Melalui program-program ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mandiri dan memiliki akses yang lebih baik terhadap pendidikan dan sumber daya pertanian. Ini akan membangun kemandirian ekonomi di desa.

Kemudian peningkatan kualitas hidup. Dengan memfasilitasi kebutuhan dasar seperti pendidikan dan alat pertanian, Paslon Sarif-Qalby ingin menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi generasi mendatang, serta meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Berikutnya komitmen terhadap masyarakat godaan untuk berfokus pada isu-isu lokal dan menyelesaikan masalah sehari-hari warga menunjukkan komitmen Paslon Sarif-Qalby dalam mendengarkan aspirasi masyarakat dan memberikan solusi nyata.

Inisiatif ini menunjukkan pendekatan yang proaktif dalam menciptakan perubahan positif bagi masyarakat Butta Turatea, dengan fokus pada peningkatan pendidikan dan pertanian, yang merupakan dua pilar penting bagi perkembangan masyarakat.

Terkait dari dua progam pendidikan dan pertanian dari sekian program Sarif-Qalby, masyarakat menyambut positif terhadap program pakaian gratis bagi siswa dan pengadaan alat-alat pertanian (alsintan) menunjukkan harapan dan dukungan yang kuat terhadap inisiatif Paslon Sarif-Qalby.

Menurut salah seorang warga Bontomanai Siti Khodijah mengatakan bahwa program Paslon Sarif-Qalby sangat membantu masyarakat karena program pakaian gratis dapat mengurangi pengeluaran untuk keperluan sekolah, sehingga orang tua bisa lebih fokus pada kebutuhan dasar lainnya.

Dengan adanya pakaian sekolah gratis, anak-anak merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk bersekolah, karena mereka tidak perlu merasa malu jika tidak memiliki pakaian yang layak, ujarnya dengan optimis.

Cawabup Qalby saat melakukan kampanye dialogis di Desa Bontomanai, Kecamatan Bangkala

Kemudian salah seorang petani warga Bangkala, H. Sampara mengatakan pengadaan alsintan dianggap sebagai langkah yang sangat positif untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Petani merasa diperhatikan dan berharapan bahwa hasil pertanian mereka akan lebih baik, yang berimbas pada peningkatan pendapatan.

Program ini bisa meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan pertanian, di mana mereka merasa memiliki akses yang lebih mudah terhadap teknologi pertanian modern, sehingga dapat meningkatkan kapasitas mereka dalam bercocok tanam.

Dikatakannya bahwa masyarakat menyadari pentingnya pendidikan dan pertanian dalam meningkatkan kualitas hidup. Dukungan untuk kedua bidang ini diapresiasi sebagai langkah strategis untuk pembangunan berkelanjutan di desa.

Dengan adanya kedua program ini, masyarakat merasa optimis bahwa anak-anak mereka akan memiliki masa depan yang lebih baik melalui pendidikan yang lebih baik dan pertanian yang lebih produktif.

Secara keseluruhan, program ini mampu membangun kepercayaan masyarakat terhadap visi dan misi Paslon Sarif-Qalby, menciptakan harapan untuk perubahan positif, dan meningkatkan sense of community di sampai pelosok desa di Jeneponto. (*)