RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Sebanyak 580 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang baru terpilih untuk periode 2024-2029 telah secara resmi dilantik hari ini.

Mayoritas dari mereka yang dilantik hari ini adalah anggota yang sudah berpengalaman, dan mereka akan bertugas dalam membuat undang-undang, melakukan pengawasan, serta menyusun anggaran negara.

Upacara pelantikan berlangsung di Ruang Sidang Paripurna di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, pada hari Selasa (1/10/2024). Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Presiden terpilih Prabowo Subianto, serta beberapa anggota kabinet.

Sekretaris Jenderal DPR, yaitu Indra Iskandar, membacakan Keputusan Presiden tentang pengesahan keanggotaan DPR untuk periode 2024-2029. Kemudian, 580 wakil rakyat tersebut mengucapkan sumpah/janji sebagai anggota DPR di bawah bimbingan Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin.

Di bawah ini adalah sumpah/janji yang diucapkan oleh anggota DPR selama periode 2024-2029:

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945. Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Selanjutnya, anggota DPR pun menandatangani berita acara sumpah/janji, yang kemudian dilakukan secara simbolis oleh 5 anggota Dewan. Tak lupa, terdapat juga serah terima berkas Memorandum DPR dari pimpinan DPR periode sebelumnya yaitu 2019-2024 kepada pimpinan sementara DPR saat ini, serta penandatanganan berita acara serah terima.