RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Calon Wali Kota Makassar, Amri Arsyid, menghadirkan program untuk solusi pengembangan ekonomi rumahan berupa bantuan modal usaha, pelatihan, serta pemasaran hasil produk.

“Selain modal, tentu yang diperhatikan adalah keahlian. Jadi perlu ada pelatihan basic yang bersertifikat. Sehingga, bisa sesuai apa yang diinginkan,” kata Amri saat bertemu warga Kelurahan Pampang, Kecamatan Panakukang Makassar, Senin (30/9/2024).

Bantuan modal itu, bakal diberikan untuk membuat UMKM, khususnya yang berfokus pada bidang kuliner.

“Ekonomi rumahan bisa dilakukan individual atau berkelompok, misal ibu-ibu kumpul-kumpul terus buat satu produk nanti bisa dijual,” ujarnya.

Program ini mendapat antusias positif warga. Mereka bercerita bahwa di wilayah tempat mereka tinggal, hanya sebagian kecil yang berpenghasilan tetap.

“Ini adalah solusi yang baik untuk membantu ekonomi di rumah kami. Ibu-ibu di sini kebanyakan tidak punya penghasilan tetap. Suaminya juga bukan pegawai, yang tiap bulan mendapatkan penghasilan,” ujar salah satu warga.

Nantinya, Amri juga menjanjikan aturan yang berfokus pada UMKM.

“Pemerintah perlu memastikan untuk membuat regulasi, misal mewajibkan toserba atau toko untuk mendisplay prodak UMKM, sehingga membantu pemasaran secara langsung,” ungkap Amri.