RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, mengungkapkan bahwa Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno, bakal menjabat kembali sebagai menteri di dalam kabinet Prabowo Subianto. Namun, posisi spesifik yang akan diemban oleh Pratikno tidak disebutkan oleh Muzani.

“Saya enggak paham satu per satu, setahu saya ada [Pratikno],” kata Muzani, Rabu (9/10/2024), mengutip CNNIndonesia.com.

Muzani menyatakan bahwa keputusan ini sesuai dengan arahan dari presiden terpilih sekaligus Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. Menurutnya, Prabowo akan kembali memilih para menteri yang telah menunjukkan kinerja terbaik untuk melanjutkan tugas mereka.

“Kan Pak Prabowo sudah ngomong nama-nama yang, nama-nama dari kabinet Pak Jokowi yang bagus-bagus akan dipakai untuk membantu beliau. Jadi, ya nama yang dianggap bagus dan masih cukup fit dipakai,” tuturnya.

Muzani juga menegaskan bahwa saat ini Prabowo masih dalam proses menyusun struktur kabinet yang akan datang. Beberapa calon menteri pun sudah dipanggil oleh Prabowo untuk berkomunikasi lebih lanjut.

“Orang dan nomenklatur sudah mulai disusun dan bahkan sudah mulai ada yang dipanggil,” ucap dia.

Pelantikan Prabowo sebagai presiden bersama Gibran Rakabuming Raka sebagai wakil presiden dijadwalkan akan berlangsung pada 20 Oktober 2024.

Menurut laporan, kabarnya jumlah kementerian dalam kabinet Prabowo akan mencapai angka lebih dari 40. Hal ini berdampak pada revisi Undang-Undang Kementerian Negara yang memungkinkan presiden untuk secara bebas menentukan jumlah kementerian tanpa batasan tertentu.