RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pelatih China, Branko Ivankovic merasa senang dengan kemenangan timnya atas Timnas Indonesia yang berhasil meraih tiga poin pertama dalam tahap ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Rekor kekalahan China telah berakhir setelah mengalami kekalahan dari Jepang, Arab Saudi, dan Australia, tetapi berhasil meraih kemenangan saat bertemu Timnas Indonesia.

Dilansir dari Dongqiudi, raut wajah bahagia pelatih asal Kroasia itu terlihat jelas setelah sebelumnya dicap dengan isu pemecatan melalui catatan pertandingan buruk sebelumnya.

“Saya berterima kasih atas usaha para pemain di lapangan yang sepenuhnya menunjukkan gaya permainan taktis kami, berjuang, bersemangat, dan berkonsentrasi,” kata Ivankovic.

Ivankovic juga menekankan pentingnya dukungan di luar lapangan yang diberikan oleh berbagai pihak kepada timnya.

“Suporter kami menciptakan suasana yang sangat baik. Sebagai pemain ke-12, mereka memberi kami dukungan yang besar. Sejak awal persiapan, Qingdao menciptakan kondisi persiapan yang sangat baik,” jelasnya.

Ia juga menegaskan, bahwa hasil ini tidak terlepas dari hasil kerja keras para pemain serta dukungan supporter.

“Yang terpenting adalah kepercayaan para pemimpin dari Asosiasi Sepak Bola kepada kami. Para pemain membalas kepercayaan para penggemar dan pemimpin dengan permainan yang luar biasa, yang patut dirayakan,” ungkap Ivankovic.

Menghadapi Timnas Indonesia, China tampil efektif dan efisien dalam pertandingan, hingga mampu memanfaatkan celah dengan baik.

Gol pertama China tercipta dari hasil kesalahan Shayne Pattynama dalam mengamankan bola, sementara yang kedua hadir memanfaatkan kelengahan Mees Hilgers yang terlambat dalam mengantisipasi pergerakan lawan.

Kedua gl tersebut tentu tidak terlepas dari kegagalan pemain Timnas Indonesia dalam melakukan pressing di lapangan tengah, sehingga membuat China mampu mengeksploitasi lini belakang skuad Garuda.