RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Calon Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) nomor urut 2, Fatmawati Rusdi, mendapat pujian atas perannya dalam politik. Pasangan Andi Sudirman Sulaiman dalam Pilgub Sulsel 2024 disorot karena kepeduliannya terhadap isu-isu perempuan.

Aktivis perempuan, Andi Sri Wulandani, mengungkapkan bahwa Fatmawati secara aktif terlibat dalam diskusi dengan perempuan terkait isu gender dan kelompok rentan. Fatmawati dinilai telah menunjukkan perhatiannya, baik ketika berada di pemerintahan maupun di parlemen.

“Ketika Pilwalkot (Makassar) 2020, beliau terlibat dalam diskusi dengan kami dan memberikan masukan tentang isu-isu perempuan, anak, dan disabilitas,” kata Sri dalam pernyataannya pada Kamis (17/10/2024).

Sri melanjutkan bahwa Fatmawati terus menunjukkan kepeduliannya, termasuk saat melakukan kegiatan kampanye Pilgub Sulsel. Dalam setiap kunjungan, Fatmawati selalu melibatkan kegiatan yang berkaitan dengan perempuan.

“Hingga saat ini kami terus berkomunikasi untuk membahas betapa besar perhatiannya terhadap isu perempuan, terutama terkait dengan lansia. Hal itu terbukti saat ia melakukan kampanye dan bertemu dengan perempuan lansia, pedagang perempuan, dan kelompok perempuan lainnya,” ungkapnya.

Sri, yang juga mantan Ketua KPU Soppeng, menambahkan bahwa Fatmawati sering kali mengangkat isu stunting serta pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak dalam setiap kegiatan politiknya. Sri yakin bahwa hal itu juga akan menjadi fokus perhatian Fatmawati jika nantinya terpilih sebagai wakil gubernur.

“Maka, perhatiannya sungguh luar biasa. Akan ada program khusus terkait isu-isu ini ketika ia terpilih sebagai wakil gubernur,” tambahnya.

Sri juga menekankan bahwa pengalaman Fatmawati dalam menangani berbagai isu perempuan di Sulsel sudah terbukti sangat baik. Dengan pengalaman di pemerintahan dan parlemen, Fatmawati dianggap memiliki sensitivitas yang tinggi dalam menanggapi isu-isu tersebut.