RAKYAT NEWS, JAKARTA – Presiden Prabowo Subianto terus melanjutkan upaya untuk menyelesaikan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen untuk meneruskan agenda yang telah dimulai oleh Presiden Indonesia ke-7, Joko Widodo (Jokowi).

Rencana lanjutan pembangunan IKN tersebut diungkapkan oleh Menteri Kehutanan, Raja Juli Antoni.

Dia menyatakan bahwa Prabowo telah mengonfirmasi rencana tersebut dalam arahannya saat menghadiri acara Retreat Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (26/10/2024).

“Dalam pengarahannya, beliau menegaskan bahwa soal IKN sebenarnya sudah sangat jelas. Sudah menjadi keputusan akan dilanjutkan dan diselesaikan. Tidak perlu ada pertanyaan lagi soal itu sebenarnya,” tegas Raja Juli dalam unggahannya di Instagram, @rajaantoni, dikutip Minggu (27/10/2024).

Mantan Wakil Menteri ATR/Kepala BPN tersebut mengatakan bahwa Prabowo telah menetapkan target untuk menyelesaikan pembangunan IKN dalam waktu 4 tahun.

Bagi Prabowo, kata Raja Juli, IKN akan menjadi pusat kegiatan politik. Oleh karena itu, rencananya adalah mendirikan gedung untuk lembaga legislatif dan yudikatif dalam waktu dekat di IKN.

“Oleh karena itu, selain gedung-gedung eksekutif yang sekarang hampir selesai, dalam 4 tahun ke depan OIKN harus merampungkan 2 cabang trias politika lainnya yaitu gedung-gedung Legislatif dan Yudikatif,” papar Raja Juli.

Raja Juli menjelaskan bahwa Prabowo berharap pada bulan Agustus 2028, Sidang Paripurna DPR/MPR sudah dapat diselenggarakan di IKN. Lebih lanjut, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di tahun 2029 juga diharapkan bisa dilakukan di IKN.