Makassar, Rakyat News – Istri Bakal Calon Wali Kota Makassar, Melinda Aksa ternyata memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan.

Lihat saja tindakan yang dilakukan di Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo, Jumat (2/2/2018).

Bersama Komunitas Peduli dan Ruang Bahagia, Melinda melakukan aksi bersih-bersih sampah yang sudah bertumpuk dan bau.

Dalam aksi tersebut, istri Munafri Arifuddin juga menggandeng Mall Sampah yang merupakan gerakan peduli bersih kota dan pengolahan sampah berbasis teknologi.

Salah satu fokus kegiatan itu adalah memilah sampah plastik dari sampah lainnya, kemudian diberikan kepada pemulung untuk dijual dan didaur ulang.

“Timbunan sampah plastik ini sangat berbahaya bagi kehidupan manusia, karena membutuhkan waktu lama, bisa ratusan tahun lamanya baru bisa terurai,” kata Melinda, yang juga Ketua Bosowa Peduli.

Ia menambahkan, bijaknya, masyarakat hendaknya memilah sampah terlebih dahulu kemudian memberikan sampah plastik ke pemulung untuk didaur ulang.

“Cukup sampah basah saja yang kita buang atau dijadikan kompos,” katanya.

Melinda mengatakan, persoalan sampah di Kota Makassar sangat serius, terutama di area pinggiran dan pemukuman kumuh.

Alasannya masyarakat hidup berbaur dengan sampah sehingga membahayakan kesehatannya.

Itu pula yang mendasari aksi bersih Melinda bersama komunitasnya sehingga memilih Buloa sebagai sasaran aksi.

Melinda bukan hanya turun memberi komando kepada anggotanya memilah sampah, tetapi juga turun langsung berkutat dengan sampah sembari memberi contoh.

Dalam kesempatan tersebut Melinda juga mengajak masyarakat yang berkumpul di lokasi aksi untuk peduli kebersihan, kesehatan, dan memiliki kesadaran bersama untuk mengelola dan mengolah sampah demi kebersihan dan kesehatan lingkungan tempat tinggal mereka.

Membersihkan lingkungan sekitar merupakan hal penting demi menjaga kesehatan diri dan keluarga. (*)