Soppeng, Rakyat News – Calon Gubernur Sulsel nomor urut satu, Nurdin Halid kembali melakukan kebiasaannya saat berkunjung ke daerah. Dalam kunjungan ke Soppeng, ia melakukan blusukan ke Pasar Cabbenge dan Pasar Takalala.

Kunjungan NH di Pasar Sentral Takalala, Kelurahan Tettikeannrarae, Kecamatan Marioriwawo disambut antusias oleh pedagang dan pengunjung. Pasangan Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar ini membalas sambutan dengan menyerap aspirasi dan keluhan mereka.

Salah satu pedagang busana muslim, H. Abu Ahmad mengeluhkan kondisi pasar yang sepi pembeli. Bagi dia, kondisi kumuh pasar turut memperparah keinginan warga untuk datang berbelanja pakaian di kawasan tersebut.

“Sudah semakin pembeli sekarang di pasar ini, keuntungan juga akhirnya ikut menurun,” keluhnya, Sabtu (24/3) pagi.

Karena itu, ia berharap kepada NH agar memperhatikan kondisi pasar. Sebagai sentra aktivitas perdagangan rakyat, Haji Abu Ahmad meminta adanya revitalisasi pasar tradisional.

Hal serupa juga diungkapkan oleh pemilik warkop 42 di Pasar Cabbenge. Ia menjelaskan, kondisi kumuh menyebabkan pedagang lebih memilih berjualan di luar area pasar. Bahkan, pasar kerap tergenang ketika musim hujan tiba.

“Kalau sudah hujan, saluran air di pasar meluap. Airnya menggenangi pasar, terus sawah dan pemukiman warga juga kebanjiran,” pilunya.

NH yang juga merupakan Ketua Dewan Koperasi Indonesia pun berkomitmen untuk membenahi kondisi pasar tradisional. Revitalisasi tersebut diharapkan bakal meningkatkan aktivitas jual beli rakyat dan menciptakan kesejahteraan.

“Kalau pasar saja kumuh, kotor, warga tentu malas pergi belanja di situ. Jadi, insya Allah kalau diizinkan menjadi gubernur, kita akan revitalisasi pasr tradisional sehingga situasi pasar kondusif dan ditata dengan baik,” ujarnya. (*)