Makassar, Rakyat News – Kurang lebih dua bulan jelang pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, perlahan pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) menguras basis pemilih pasangan Moh Ramdhan “Danny” Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (Danny-Indira).

Hal ini tercermin setelah banyaknya pendukung Danny-Indira mengalihkan dukungan ke pasangan Appi-Cicu. Tidak hanya itu saja, akan tetapi, basis kuat DIAmi, yakni Ketua RT/RW sebagian besar telah mengalihkan dukungan ke Appi-Cicu.

Menanggapi hal itu, Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Syahrir Karim menjelaskan, pengalihan dukungan Ketua RT/RW itu akan berdampak serius bagi pasangan Danny-Indira

“Terkait pindahnya dukungan ketua RT/RW ke Appi-Cicu jelas akan berdampak serius ke DIAMi,” kata Syahrir, Senin (2/4/2018).

Menurut dia, ini adalah kerja yang baik yang dilakukan oleh tim Appi-Cicu untuk menguasai grassroot.

Syahrir tidak menampik bahwa Ketua RT/RW adalah salah satu instrumen kuat Danny-Indira.

“Mesin politik Appi-Cicu sangat sadar, bagwa RT/RW ini merupakan salah satu kekuatan politik DIAMi. Oleh itu, kalau RT/RW ini direbut, maka kekuatan pemilih DIAmi akan berkurang dan sebaliknya kekuatan Appi-Cicu semakin kuat, “tegasnya.

Sementara itu, menanggapi fenomena beralih atau pindah dukungan, menurutnya itu merupakan bukti bahwa masih sulit menemukan pemilih ideologis.

“Pemilih kita masih sangat pragmatis dalam menentukan pilihanya. Mereka ini sering disebut sebagai swing voters, yang masih gampang dipengaruhi dan berubah pilihan. Pemilih-pemilih seperti Inilah yang diperebutkan oleh para kontestan,” tandasnya. (*)