LISBOA – Portugal gagal memanfaatkan kesempatan untuk langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 setelah takluk dari Serbia, Senin (15/11/2021) dini hari WIB.

Pada laga yang digelar di Stadion Da Luz kali ini, Tim Nasional (Timnas) harus Portugal harus takluk oleh Serbia dengan skor 1-2 di menit akhir laga.

Baca Juga: Hasil Portugal vs Serbia: Kalah Dramatis 1-2, Ronaldo dkk Dikirim ke Babak Playoff

Portugal yang mampu unggul lebih dulu lewat gol cepat Renato Sanches di menit kedua, harus disamakan Dusan Tadic di ujung babak pertama dengan skor 1-1 lewat golnya di menit ke-33.

Sebelum akhirnya dibalikkan oleh Aleksandar Mitrovic dan menjadi mimpi buruk Ronaldo dkk usai sundulannya tidak dapat dihalau Rui Patricio di menit ke-90. Skor akhir Portugal 1-2 Serbia.

Kekalahan tersebut membuat Cristiano Portugal mengakhiri babak kualifikasi di peringkat dua grup A dengan total 17 poin. Alhasil, mampu menggagalkan mereka lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2022, sehingga harus ditentukan lewat babak playoff.

Pelatih Portugal, Fernando Santos, mengungkapkan jika dirinya merasa kecewa terkait hasil kurang maksimal yang diraih timnya.

Tetapi, Pelatih berusia 67 tahun tersebut tetap yakin dan optimis bahwa Cristiano Ronaldo dkk akan tetap lolos ke Putaran Final Piala Dunia 2022 Qatar nanti.

“Ya, sebelumnya Portugal terlihat akan keluar sebagai pemenang dan lolos ke Piala Dunia 2022. Kami berhasil mencetak gol dan memiliki sejumlah momen penting, namun kemudian terlihat mengalami penurunan performa. Di sisi lain, Serbia juga tampil lebih baik,” kata Santos seperti dilansir media Goal.

Ia menambahkan, jika timnya terlalu offensif untuk meraih kemenangan, sehingga semua hal yang menjadi rencananya tak berjalan dengan apa yang diharapkan.