Toraja, Rakyat News – Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara, mengungkapkan untuk percepatan pembangunan Toraja dibutuhkan anggaran besar. Olehnya itu, bersama bupati Nico Biringkanae, pihaknya berharap kelak Sulsel dinakhodai oleh sosok pemimpin dengan jaringan nasional. Harapan itu terjawab pada figur Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz).

Menurut Victor, dari empat kandidat hanyalah NH-Aziz yang merupakan tokoh nasional. Jaringan pasangan nomor urut satu di tingkat pusat diyakini mampu mengakselerasi pembangunan dan perekonomian Toraja. Termasuk mempercepat pembangunan Bandara Buntu Kunyi dan pembenahan infrastruktur jalan di pelosok kampung Toraja.

Victor menyampaikan bersama Nico Biringkanae terus berjuang membangun Toraja. Namun, kewenangan bupati dan wakil bupati sangat terbatas. Termasuk soal anggaran, dimana APBD kabupaten sangat minim. Bila NH-Aziz memimpin Sulsel, maka pihaknya yakin APBD Sulsel maupun APBN bisa mengalir lebih besar ke Toraja.

“Saya dan abang Nico tidak pernah berhenti berjuang membangun Toraja menjadi lebih baik. Untuk membangun Toraja memang butuh dukungan pusat dan harus diakui ya hanyalah NH-Aziz yang bisa mewujudkan itu. Jaringan duet tokoh nasional itu tidak perlu diragukanlah,” ucap Victor di sela kampanye tatap muka dan dialogis di Tongkonan To’deata, Sabtu (7/4).

Komitmen dan kepedulian NH membangun Toraja memang tidak perlu diragukan. Kata Ketua DPD II Golkar Tana Toraja, belum menjadi gubernur saja, NH telah banyak berjasa membangun daerahnya. Hanya memang publik tidak mengetahui dan NH tidak mau mengumbarnya. “Kalau mau tahu, yang perjuangkan kelanjutan Bandara Buntu Kunyi itu Pak NH melalui legislator-legislator,” ujarnya.

Victor pun menyampaikan kelanjutan pembangunan Bandara Bunti Kunyi dipastikan berlangsung tahun ini berkat bantuan perjuangan NH. Tidak cuma itu, NH juga memperjuangkan pembangunan infrastruktur jalan hingga ke pelosok Toraja. “Kami banyak terbantu berkat perjuangan beliau. Makanya, sudah seharusnya masyarakat Toraja memilih NH-Aziz karena yakin Toraja dan Sulsel akan lebih sejahtera,” ujarnya.

Sementara itu, NH menegaskan bersama Aziz Qahhar akan membangun Toraja menjadi pusat destinasi wisata dunia. Segala kebutuhan untuk mencapai target itu telah dirancangnya. Mulai dari percepatan pembangunan Bandara Buntu Kunyi hingga pembenahan infrastruktur jalan. “Saya ini punya hubungan yang erat dengan orang Toraja. Tidak mungkin permalukan orang Toraja.”

“Toraja akan saya buat menjadi wisata kelas dunia, bukan sebatas nasional atau lokal. Toh, potensinya memang sangat besar,” pungkas Ketua Koordiantor Bidang Pratama DPP Golkar itu. (**)